Follow Me

Saturday, July 15, 2023

A30: Tunduk Tapi Ditinggikan

Bismillah.

 

#menjadiarketipe #66haribacabuku

 

☑️ #DAY30-0090

📖 At-Tibyan, Imam An-Nawawi

 

📑 Quote:

Semakin bertambah tawadhu'nya maka semakin bertambah pula kebaikan, cahaya dan derajatnya. Tidaklah seseorang tawadhu' karena Allah melainkan Dia akan meninggikan derajatnya. 


💡 Insight:

Belajarlah tawadhu, karena ujub dan sombong meracuni hati, mengubah diri menjadi rendah, seperti saat iblis terpuruk dikeluarkan dari surga. Belajarlah tawadhu, ingatlah, ada langit di atas langit. Ingatlah, apa yang kita miliki hanya air yang tersisa di jari yang dicelup ke lautan, nikmat dari pemilik dan penguasa samudra, yang ilmunya tidak kering, meski ditulis dengan tinta 7 samudra, dan pensil semua pohon.


وَلَوْ أَنَّمَا فِى ٱلْأَرْضِ مِن شَجَرَةٍ أَقْلَـٰمٌۭ وَٱلْبَحْرُ يَمُدُّهُۥ مِنۢ بَعْدِهِۦ سَبْعَةُ أَبْحُرٍۢ مَّا نَفِدَتْ كَلِمَـٰتُ ٱللَّهِ ۗ إِنَّ ٱللَّهَ عَزِيزٌ حَكِيمٌۭ

Dan seandainya pohon-pohon di bumi menjadi pena dan laut (menjadi tinta), ditambahkan kepadanya tujuh laut (lagi) sesudah (kering)nya, niscaya tidak akan habis-habisnya (dituliskan) kalimat Allah. Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. [Surat Luqman (31) ayat 27]


***


Tambahan, agak nggak nyambung sama isi bukunya. Tapi pas nyalin ayatnya, aku dapet insight baru, kalau Allah bahkan memberitahu manusia, bahwa kita bisa membuat pensil dengan pohon.


Betapa pohon banyak bermanfaat untuk kita, pensil, kertas, alat yang memudahkan kita untuk menulis dan membaca. Pertanyaannya, sudahkah menulis dan membaca membuat kita semakin mengingat-Nya?


Semoga Allah memudahkan kita untuk menulis dan membaca, semoga Allah memudahkan kita untuk terus mengingat-Nya. Allahumma a-inna 'ala dzikrika wa syukrika wa husni 'ibadatika. Aamiin.


Wallahua'lam.

 

***

 

Keterangan: Tulisan ini merupakan bagian dari serial kutipan buku yang kulaporkan untuk program 66 hari baca buku @menjadi.arketipe 1 Februari - 7 April 2022. Tulisan lainnya bisa dibaca di #66haribacabuku 

No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya