Follow Me

Saturday, August 11, 2012

Tak Sampai Di Sini


Bismillah...

Jika tidak bertemu denganmu, berjabat tangan dan berjalan beriringan denganmu, mungkin aku tak akan sampai di sini.

***

I'm not talking about someone. Ini tentang komunitas, organisasi atau keluarga yang kita pilih untuk berjalan bersama.

Rohis Ulul Albab, atau biasa di singkat menjadi Rohis Ulba adalah salah satu organisasi/ekskul yang aku ikuti di SMA Negeri 1 Purwokerto. Di awali dengan first impression yang asik, lewat SBR (Sehari Bersama Rohis), aku tertarik untuk bergabung dan mendaftar menjadi pengurus. Ada saat dimana aku jadi pengurus yang ogah-ogahan (baca: tidak aktif), tapi ada juga saat dimana tak bisa aku menjauh -mengingat amanah yang dibebankan padaku-. Majelis IK (Ilmu dan Kreatifitas), divisi yang jobdesk utamanya membuat majalah dan buletin :)

Ada terlalu banyak cerita, yang jika kuurai di sini mungkin hanya membuat orang lain menguap bosan. Maka ijinkan aku menulis tentang komunitas/organisasi serta pengaruhnya bagi diri kita.

***

Teman bermain, teman belajar, teman tertawa, teman menangis. Dan komunitas, dan organisasi. Dan diri yang merupakan makhluk sosial, menjadikan mereka yang berada di sekitar kita bisa dengan mudah mempengaruhi kehidupan kita. Dan diri yang merupakan makhluk sosial, menjadikan mereka yang sering berinteraksi dengan kita, memberi warna pada sifat, sikap dan kepribadian kita.

Memilih bergabung dalam sebuah komunitas atau organisasi, artinya mempersilahkan orang lain mempengaruhi hidup kita. Dengan bergabung dengan komunitas/organisasi, kita belajar untuk terbuka, dan memahami perbedaan demi perbedaan yang ada. Pasti pernah muncul gesekan-gesekan yang menimbulkan panas, bahkan bisa jadi percikan api. Tapi dari situasi tersebut kita belajar untuk tidak egois, tidak melulu mengedepankan sifat diri.

Memilih bergabung dalam sebuah komunitas atau organisasi, artinya kita siap berbagi dan dibagi. lho? hehe. Maksudnya, kita harus mau memberikan sesuatu kepada komunitas, maka insya Allah akan ada sesuatu yang bisa kita dapat.


Bagi yang belum memilih untuk gabung di organisasi/komunitas.. cobalah memberanikan diri dan membuang rasa malasmu untuk membuka diri. Percayalah, akan ada banyak hikmah yang kau petik saat bergabung dalam komunitas/organisasi, insya Allah.

Karena komunitas/organisasi begitu berpengaruh dalam hidup kita. Maka yuuk.. pilih komunitas/organisasi yang baik. Pilih yang tidak hanya sesuai dengan minat kita, tapi juga bisa mengajak kita pada kebaikan. Bisa memberi pengaruh yang baik pada kita. Syukur-syukur, komunitas/organisasi itu bisa membantumu mendekatkan diri kepada Allah. :) Lumayan dapet obat hati. Karena berkawan dengan mereka yang sholeh dan sholehah, adalah salah satu obat hati.

Wallhu a'lam.


No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya