Follow Me

Sunday, August 6, 2017

Starry Night & Rainy Day

Bismillah.

Beberapa hari awal bulan Dzulqa'dah ini.. entah mengapa bintang dan bulan sering menghias langit Bandung. Aku sering dibuat heran ketika melihat langit malam, dan menemukan satu dua titik bintang, juga sabit bulan, bangkok bulan, dan bahkan bulan purnama.


Ada yang bilang, langit berbintang itu.. salah satu tanda bahwa malam akan dingin. Aneh memang, padahal bintang itu seperti matahari, panas. Tapi justru ketika kita melihat bintang di langit, udara malam justru dingin.

Siang ini.. hujan mengguyur kota Bandung. Unik bagiku.. karena rasanya sudah lama, tidak hujan di siang hari. Awalnya gerimis, kemudian deras, sebentar, lalu ke rintik-rintik kecil lagi.

Dua kejadian ini, somehow mengingatkanku pada salah satu ayat Quran, yang menggambarkan tentang Ulul Albab. Kalau manusia seperti aku, mungkin sekedar sampai heran, atau menikmati indahnya langit berbintang, dan juga tersenyum menikmati suara hujan di siang hari. Tapi kalau Ulul Albab, ia duduk, berdiri, bahkan berbaring, sibuk memikirkan ciptaan Allah. Mungkin bukan sekedar menikmati indahnya langit, atau menikmati harmoni suara hujan, tapi jauh lebih dalam lagi. Memikirkan ayat-ayat di Quran, juga ayat-ayat di sekitar, bahkan juga ayat-ayat yang ada dalam dirinya. Sampai kemudian ia berbisik, menyucikan nama Allah, dan menyadari.. bahwa semua yang Allah ciptakan tidak ada yang sia-sia.

***

Ulul Albab, jadi ingat nama Rohis di Smansa, aku memang pernah menjadi anggota rohis Ulba Smansa Purwokerto. Tapi menjadi salah satu dari Ulul Albab, yang Allah deskripsikan dalam kalamnya, masih jauh, masih ga ada apa-apanya.

Semoga aku terus berusaha memperbaiki diri, lagi dan lagi. Berusaha mendekat padaNya, lagi dan lagi. Berusaha mencintai kalam-Nya, lagi dan lagi. Meski bukan satu dua kali aku jatuh, lagi dan lagi. Meski bukan tiga empat kali aku tersandung, lagi dan lagi. Semoga aku terus berjalan, hingga nanti diakhir, dalam keadaan terbaik. Aamiin.

Allahua'alam.

No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya