Follow Me

Saturday, August 12, 2017

You'll Get Sick

Bismillah.

Pernah lihat dimana gitu.. Kalau manusia, dia ga bicara, bisa membat dia sakit. Kalau dia sakit, dan ga bicara, maka akan semakin sakit. Aku gatau sih, secara biologi atau psikologi itu bener atau ga. Tapi tentang itu.. Membuatku ingin menulis.

Manusia selain diciptakan individu per individu, juga diciptakan berpasangan. Manusia adalah makhluk sosial, ia akan berkerjasama, butuh komunikasi, dan juga berkelompok. RT, RW, Kelurahan, Desa, Kota, Kabupaten, Provinsi, Negara, bahkan juga suku, itu terbentuk karena sifat manusia yang sosial. Bahkan di Quran disebutkan juga, bahwa ada manusia yang bekerjasama dengan Jin, surat Jin ayat berapa hayo? Hmhm. 

Manusia, baik yang pada umumnya, maupun yang memiliki disabilitas, semuanya punya kebutuhan untuk berkomunikasi. Jika bukan lewat suara, mungkin lewat bahasa isyarat. Yang kemampuan matanya diambil, masih bisa bicara lewat suara. Yang kemampuan mendengar/bersuaranya diambil, masih bisa komunikasi lewat gerakan tangan yang merupakan isyarat. Bahkan yang ketiga kemampuan indranya diambil, masih bisa berkomunikasi lewat indra peraba, bener ga sih namanya? Lewat tangan dan jemarinya, yang sensitif terhadap halus, kasar, tajam benda. Bahkan bayi, yang belum mengenal bahasa, memerlukan komunikasi yang ia ekspresikan dengan tangis.

Kalau misal, kebutuhan komunikasi itu tidak terpenuhi, entah karena lingkungan, misal tinggal sendiri dan kerjanya Cuma di depan komputer. Atau karena pilihan, enggan berkomunikasi, apakah yang akan terjadi? Apa benar ia akan sakit? Ketika kita sakit, kalau mau sembuh, ke dokter juga harus bisa berkomunikasi. Kita harus cerita bagian tubuh kita mana yang sakit, ada gejala lain ga, makan apa sebelum sakit dst.

Komunikasi ini juga berlaku ke Allah. Selain butuh komunikasi sama manusia, kita juga butuh komunikasi ke Allah. Kalau ga? Sakit, akan ada saat kita sakit dan gatau cari obat ke mana. Mau cari kemanapun, ke dokter manapun ga akan sembuh. Karena kita punya fitrah sebagai hamba, butuh tempat bersandar yang lebih kuat dari manusia. Kalau komunikasi ini ga terpenuhi, maka akan ada saat dimana kita akan menyerah untuk hidup. Sedih kalau baca berita tentang bunuh diri, jadi inget tulisan O. Solihin tentang ini.

***

Bener atau ga, kalau tidak bicara itu membuat orang sakit/lebih sakit, mungkin butuh studi ilmiyah. Tapi satu hal yang pasti, fitrah dan kebutuhan manusia untuk berkomunikasi harus terpenuhi. Kalau kamu bener-bener introvert dan ga bisa terbuka sama orang lain, kamu bisa salurkan lewat tulisan. Trus juga harus dijaga komunikasi dengan Allah, lewat shalat, doa, dzikir, baca Quran.

Kuncinya komunikasi dengan Allah sih, kalau komunikasi ke atas lancar, in syaa Allah komunikasi ke manusia juga lancar.

Semoga kita bisa menjaga komunikasi kita, dan tidak menjadi sakit. Be well, stay healthy.



Allahua'lam.

***

PS: Ga penting. Tiba-tiba teringat seorang ukhti yang akan pulang kampung, tapi aku ga bisa nganter, atau ketemu buat say goodbye.  Maaf dan salam kangen buatmu. See you later, when you invite me, or when I invite you.

PPS: yang bener you'll get sick? atau you'll sick?

No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya