Follow Me

Wednesday, August 23, 2017

Better?

Bismillah.
-Muhasabah Diri-


Pernah aku menulis draft yang intinya, "I thought I was okay, but I'm not". Kalau ini, mirip-mirip lah. I thought it was better, but it isn't better,  just yet.

Positif, positif, positif, positif, pasti ngiranya hasilnya positif kan? Ternyata belum bisa positif. Karena ada banyak bilangan negatif sebelumnya. Memang belum lebih baik, atau kita awalnya ngira kita udah lebih baik, sedikit lebih baik, trus kemudian nyadar kalau belum, sadar kalau belum trus jadi negatif lagi.

Tapi kata 'belum' jauh lebih daripada kata 'tidak', karena kata 'belum' menyediakan ruang 'sudah'. Someday, you'll get better, it'll get better.

Pilihan kata memang penting untuk kita manusia. Jadi teringat Adam yang diajarkan langsung oleh Allah 'ism'. Juga inget, kenapa ayat Al Baqarah ayat 256 memakai kata 'idza' bukan 'in', 'when' bukan 'if'. Inget juga penjelasan tentang qurotta a'yun, permisalan orangtua yang anaknya pergi berperang. Kalimat orangtuanya "Ketika anakku pulang, aku akan masak A". Ketika bukan kalau. Karena 'if' memberikan ruang kemungkinan anaknya tidak pulang.

Unik ya, ada saat dimata kata yang rapat, jelas, dan tak memberi ruang, bisa jadi kata positif yang menghilangkan kenegatifan. Sedangkan ada saat dimana kata yang memberi ruang, bisa jadi kata positif, yang memberikan kepositifan. Kalimatnya asa aneh. Tapi ngerti kan ya.

Kalau kita bisa bilang "Yes it's better", itu pastinya lebih baik dari pada "It will get better". Tapi.. untuk kalimat "No It's not better", kalimat "It's just not yet better" jauh lebih baik. It depends on your situation, on level of your optimism, level of your positiveness. 

Contoh lain, datang lebih awal itu baik (in time), datang tepat waktu (on time) juga baik. Tapi ketika kamu negatif, lalu terlambat, kamu mungkin akan memilih tidak datang sama sekali, saat itu mungkin quote "better late than never" baik untukmu. Setidaknya, kamu memberikan motivasi untukmu bergerak dan tidak berhenti. Tentu saja terlambat itu tidak baik, apa lagi, kalau ada banyak orang yang menunggumu.

***

Terakhir, semangat memperbaiki diri. It may be not getting better as fast as you want, just keep making effort. I know, you know it's not better yet now. But it will, sure it will get better, it will be better. Semangat nulis juga ya, Bella! hehe J

Allahua'alam.

No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya