Follow Me

Thursday, February 7, 2019

Beda Beratnya

Bismillah.
#selftalk
Izin curhat ya? Hehe. Biasanya juga curhat-curhat aja... ga pakai izin J.

***

Nulis setiap hari, dengan tema bebas, tanpa syarat minimal jumlah kata, itu satu hal. Nulis setiap hari, dengan tema yang sama, dengan syarat rentang jumlah kata, itu... beda cerita. Lebih spesifik lagi... beda beratnya.


Jadi, aku sudah sekian hari sedang mengabaikan tugas KMO Club, yang namanya "Sarapan Kata". Sarapan, artinya pagi hari. Batasnya jam 9 pagi. Dan.... rasanya ingin kutuliskan kalimat-kalimat keluhan yang isinya mendeskripsikan mengapa SarKat KMO itu beraaaat.

Sebenarnya, kalau aku mau jujur dan muhasabah diri, ini balik lagi ke motivasi dan niat. Dan juga. . kebiasaan pagi hari yang masih belum teratur. Prioritas juga. Kan bisa nulis malem, pagi tinggal posting.

***

Aku menulis ini ingin meningkatkan lagi motivasi. Yang berlalu ya udah, kan bisa mulai nulis lagi, jangan terbebani oleh jam berapa, atau jumlah kata, mulai dulu aja. Nulis. Tema itu kan kamu sendiri yang pilih, dan bahkan udah buat beberapa pokok pikiran yang mau diuraikan. Tinggal praktek nulis dan merangkai kalimat.

Jika berat, ringankan... caranya dengan mengurangi ekspektasi. Ekspektasi bahwa tulisan sarkat nantinya bisa jadi draft buku. Turunkan. Anggap saja sarkat untuk melatih menulis dengan tema yang sama. Juga latihan agar terbiasa mengisi pagi yang produktif dengan menulis.

Jika berat, ringankan. caranya dengan mengubah objek pembaca. Menulis di sini lebih ringan kan? Iya. . karena kamu (maksudku aku) selalu menulis di sini untuk konsumsi pribadi. Sedangkan yang ga sengaja baca, itu cuma orang lewat ehhehe *peace. Sarkat memang nulisnya di Facebook, harus tag sekian orang untuk penilaian dan pencatatan. Tapi kan... kalau mindsetnya diubah, fokus ke menulis untuk diri, itu bisa. Sama aja kaya di sini, meski statistik jumlah pembaca ada, kamu setiap nulis tetap merasa untuk diri kan? hehe. Cuek aja.

Terakhir, beratnya memang beda.. tapi bukan berarti kamu tidak bisa 'memikul'nya. Seperti bayi 6kg, dan batita 11kg... dua duanya bisa aja kan digendong? Meski kadang tangan pegal dan ga kuat lama-lama gendong? hehe.

Terakhir, jangan menyerah sebelum mencoba. Ga mau kan nyesel lagi kaya dulu? Hari yang sudah lalu, biarlah berlalu. Hari ini mulai nulis ya? Please... Semangat ^^

Allahua'lam.

***

PS: It's 10th of February, and I still didn't write Sarkat.. ......... 

No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya