Follow Me

Thursday, July 18, 2019

Orang-orang Dunia Nyata

Bismillah.


Beberapa waktu yang lalu, salah satu akun sosial media yang sering kukunjungi mengunggah postingan pamit, karena ingin sejenak menjauh dari dunia maya. Satu hal itu kemudian mengajak otakku teringat beberapa sosok dunia nyata, yang memilih sama sekali tidak aktif di dunia maya. Mereka memilih tidak memiliki sama-sekali akun sosial media. Hanya satu, dan sebuah web. Aku jadi bertanya-tanya pada diri, bagaimana rasanya menjadi orang-orang yang hanya hidup di dunia nyata? Yang sama sekali tidak tertarik dengan riuh lalu lalang informasi di dunia maya?

Aku bercakap pada diri. Barangkali orang-orang dunia nyata itu, memang tidak membutuhkan dunia maya. Mereka sibuk dengan perannya di dunia nyata, sehingga manfaat dan fasilitas di dunia maya tidak mereka perlukan.

Aku juga jadi bertanya-tanya, mungkinkah suatu saat aku memilih jalan itu? Toh selama ini akun sosial mediaku jarang update. Kadang dipakai, tapi cuma untuk konsumsi, ga produktif. Hmm...

***

Setiap orang punya pilihan masing-masing. Fasilitas boleh dipakai jika berguna dan dibutuhkan. Tapi boleh juga tidak menggunakannya. Semoga apa pun pilihan kita bisa dipertanggungjawabkan dengan baik. Aamiin.

Allahua'lam.

No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya