Follow Me

Wednesday, July 24, 2019

Stumble Upon My Own Words

Bismillah.
#selftalk
- Muhasabah Diri - 


Miris ga sih saat kamu menemukan bahwa kamu melakukan hal yang terbalik dari kata-kata yang pernah kamu ucapkan atau kamu tulis? Kalau lagi inget, mungkin kita akan segera muhasabah dan mengoreksi diri. Tapi kalau lagi lupa, keterusan... sampai ada yang menegur. Entah yang menegur itu orang lain, kerikil yang membuatmu tersandung dan jatuh, atau bahkan ayat yang pernah kau hafalkan. Lalu kamu sadar, "Why I said what I didn't do? Why I wrote what I didn't act??" Mengapa... Tanda-tanda kemunafikan itu bermunculan, dan kamu menjalani hari seolah tidak ada yang salah? Padahal. Pelan-pelan cahaya di hatimu meredup karena tertutupi debu dosa-dosa yang menebal dan mengerak.

I stumble upon my words.. Lalu aku jadi takut, apa... lebih baik aku diam? Menyimpan nasihat untuk diri sendiri di tempat sunyi yang tidak diketahui siapapun kecuali aku dan Rabb-ku?

Tapi... Jika aku berhenti menulis, aku takut justru semakin membiarkan hati gelap. Menulis memaksaku mencari cahaya dari luar, dari quran, dari buku-buku dari kajian. Menulis memaksaku mengelilingi diri dengan cahaya dari orang-orang shalih, berharap dengan begitu aku bisa mengumpulkan cahaya, serta membersihkan kerak hitam yang menutup kaca hati.

I will often stumble upon my words. Mungkin selalu begitu. Karena memang perjalanan hidup akan dihiasi naik turun iman, dan perjuangan kita menjaganya, agar tidak jatuh terlalu dalam, agar bisa naik lagi meski pelan-pelan.

Satu yang aku tahu... Aku selalu bisa meminta petunjukNya, meminta cahaya dari-Nya. So every time I find myself stumbling upon my own words.. Yang harus kulakukan pertama kali bukan membenci diri. Sungguh bukan itu urutannya. Dan memang tidak boleh itu yang kulakukan. Yang perlu aku lakukan adalah mengakuinya, sembari memohon ampunan dan petunjuk dariNya. Bahwa benar aku hamba yang hina dan bodoh. Tidak mengapa. Aku boleh merasa begitu di hadapan Rabbku. Karena aku tahu... DIA satu-satunya yang bisa menerima sisi yang tidak ingin kuungkapkan pada siapa pun.

Dia akan lembut memberitahuku.. Wallahu wasi'un 'alim.

وَلِلَّهِ ٱلْمَشْرِقُ وَٱلْمَغْرِبُ ۚ فَأَيْنَمَا تُوَلُّوا۟ فَثَمَّ وَجْهُ ٱللَّهِ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ وَٰسِعٌ عَلِيمٌۭ
Dan kepunyaan Allah-lah timur dan barat, maka kemanapun kamu menghadap di situlah wajah Allah. Sesungguhnya Allah Maha Luas (rahmat-Nya) lagi Maha Mengetahui.
(QS Al Baqarah ayat 115)

Allahua'lam.

No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya