Follow Me

Wednesday, July 31, 2019

20, Perbanyak Gagal

Bismillah.
#blogwalking

Saya membaca banyak buku dan menonton banyak video nasihat orang-orang sukses untuk anak muda di usia 20an, dan semuanya menggarisbawahi 20an sebagai fase belajar. Di fase ini, kita didorong untuk mengumpulkan tiga hal berikut sebanyak-banyaknya: pengetahuan, pengalaman, dan kegagalan.
- Iqbal Hariadi, You Are Just Early In The Process
***

Yang penasaran sama lanjutan paragraf di atas, langsung meluncur ke link tulisan di atas ya. Yang di highlight kuning.

Kemarin, baru kemarin... aku curhat ke seseorang tentang beberapa peluang dan betapa aku ingin mencobanya. Tapi bayangan masa lalu, dan kegagalan 'kecil' yang pernah kukecap membuatku menahan diri. Ya, baru kemarin rasanya. Saat curhatanku kupersingkat, karena enggan menambah beban pikiran orang lain. Lalu aku memilih menulis di blog magicofrain.

Hari ini, Allah hadirkan jawabannya. Sebuah penghibur dari tulisan orang lain di blognya. Seolah tulisan itu menjawab pikiran yang mengendap di otakku. Bahwa kegagalan kecil yang pernah kucicipi itu cuma satu. Kau bahkan baiknya banyak-banyak gagal, agar banyak belajar dan banyak menambah pengalaman. Tulisan itu juga mengingatkanku untuk tidak banyak takut, agar mencoba saja. Coba dulu, melangkah dulu. Jangan lupa berdoa. Juga hati-hati atas serangan distraksi di kanan kiri depan belakang.

Di usia ini, jangan berpikir bahwa semua mimpi kita akan terjadi dalam waktu dekat dan bersamaan. Usia ini adalah usia investasi: ini waktunya menanam sebanyak-banyaknya pengetahuan, pengalaman, dan kegagalan. Di fase berikutnya nanti di usia 30an dan 40an, baru kita akan menuai apa yang kita tanam.
- Iqbal Hariadi, You Are Just Early In The Process
***

Terakhir, semangaat^^ jia you~


Allahua'lam.

No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya