Follow Me

Wednesday, July 10, 2019

Stop Being Hard On Myself

Bismillah.



*tidak terkait topik judul*

Aku mengetik komentar tambahan, sebuah lintasan pikiran saat membaca quotes tersebut di dashboard tumblr. Tapi aku menghentikan tanganku saat hendak mengklik button Reblog. "Jangan di sini, bukan tempatnya". Begitu bisikku pada diri, tanpa suara.

Aku sudah lama punya tumblr, tapi memang fungsi utamanya hanya untuk membaca tulisan dan melihat gambar-gambar di dashboard. Juga untuk me-reblog apa yang ingin di-reblog. Kadang memang ada tambahan komentar, tapi tidak banyak. Pernah juga posting beberapa foto koleksi pribadi, tapi sudah tenggelam di archieve.

Jangan di sini, bukan tempatnya". Begitu bisikku pada diri, tanpa suara. Aku akhirnya memilih menyimpan screenshot tampilan editor tumblr, lalu memutuskan mengunggahnya di sini. Ada hal-hal yang aku pilih untuk tidak dikonsumsi umum. Tumblr dan medium misalnya, orang-orang bisa follow, aku tidak membatasi followernya. Jadi aku sengaja menyimpan ekspresi yang tidak seharusnya dimunculkan di sana. Tapi bisa aku abadikan di sini.

Blog ini ibarat rumah pertama. Tempat paling familiar dan nyaman. Aku bisa menulis naik turun yang kualami, perasaan yang berkecamuk, pikiran yang lalu lalang, di sini. Semoga tetap begitu.

***

Terakhir, balik ke kutipan dari tumblr. Benar, salah satu hal yang bisa jadi menghancurkan diri kita adalah terlalu keras pada diri. Saat kesalahan kecil kita sikapi seolah itu tanda bahwa kita tidak bisa berhasil. Atau kita orang yang jahat. Atau semacam itu. Jika itu yang sering kau lakukan, berulangkali menyalahkan diri, tidak pernah mengapresiasi progres diri meski kecil, maka kutipan tersebut cocok untukmu. Stop being hard on yourself, be nice to yourself.~

Allahua'laa.

No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya