Follow Me

Sunday, October 12, 2014

It's called Bell's Palsy

Bell's Palsy Patient Before and After - taken from this

-artikel-

Bismillah.

Adakah yang pernah mendengar istilah Bell's Palsy? Baru pernah dengar? Izin kan saya menulis sedikit tentang Bell's Palsy, sebuah penyakit yang menyerang syaraf wajah.

***

Bell's palsy merupakan kelumpuhan otot wajah satu sisi akibat gangguan saraf otak ketujuh (saraf facial). Saraf ini yang mengatur pergerakan otot-otot wajah. Penyakit ini sekilas mirip yang terjadi pada pasien stroke, yaitu sebelah bagian tubuhnya tidak merespon dengan baik, namun ini berbeda karena Bell's Palsy hanya berefek pada wajah.

Gejala Bell's palsy antara lain : kelopak mata tidak bisa ditutup serta mata kering, nyeri kepala, wajah turun/miring sebelah sehingga susah berekspresi, lidah kehilangan pengecap rasa, dan telinga menjadi hipersensitif (peka suara). Penyebab pasti penyakit ini belum diketahui.

Pengobatan Bell's Palsy yang dapat dilakukan antara lain fisioterapi (massage dan latihan), menjaga kondisi mata yang tidak bisa menutup dan kering (memakai kacamata, obat tetes), serta penggunaan obat-obatan. Namun 60-85% penderita Bell's palsy akan sembuh sendiri tanpa pengobatan. Diperlukan waktu beberapa pekan hingga enam bulan hingga sembuh total.
\
***

Sederhananya, penyakit Bell's Palsy merupakan penyakit yang menyebabkan wajah tidak simetris dan tidak bisa merespon impuls secara normal, baik mata, bibir, maupun lidah.


sumber : http://dokita.co/blog/bells-palsy/

No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya