Follow Me

Sunday, October 26, 2014

1436H : Takbir, Obor, dan Kembang Api




"Takbir!!"

"Allahu Akbar"

Kemudian shalawat kembali dilantunkan. Aku memandang ke luar jenla kamarku. Dari sana, aku dapat melihat jalan taman sari diterangi nyala api obor-obor yang dipegang oleh peserta pawai. Itu pasti pawai pergantian tahun hijriah, ucapku dalam benak. Kulihat angka di layar telepon genggamku, sekitar jam 10 mereka melintasi jalan Taman Sari. Aku tidak dapat melihat dengan jelas, tapi samar masih dapat kulihat seragam yang sama dikenakan peserta pawai. Aku asumsikan mereka adalah para santri.

***

Setelah suara shalawat makin menjauh dan tidak terdengar lagi, beberapa bunyi ledakan kembang api mewarnai malam Jumat, 24 Oktober 2014 atau dalam penanggalan hijriah Sabtu, 1 Muharram 1436. Kali ini bunyi ledakan kembang api tidak berhasil menarikku untuk kembali melihat keluar jendela. Aku masih asik menatap layar laptop.

***

Kertas komitmen pergantian tahun hijriah 1436 sudah aku tempel di sekre Aksara. Setelah bingung memilih dari beberapa opsi, aku akhirnya memberanikan diri menulis dua fokus utama ku tahun ini.

Al Qur'an & NLP (Natural Language Process)

Fokus pertama : Al Quran

Al Quran.. Jujur aku memang masih tertatih untuk selalu membersamainya, dan meluangkan waktu lebih banyak untuknya. Aku begitu tertusuk saat seorang ustadz bertanya di dalam ceramahnya, "Do we trully love the Quran?"

Ya, sebut saja ustadz Nouman Ali Khan. Seorang ustadz asal Pakistan yang menetap di Amerika. Berawal dari beberapa videonya baik tentang Al Qur'an, aku semakin digedor untuk kembali fokus ke Al Qur'an. Dan bukan sekedar membaca dan menghafalnya. Namun juga mengerti tiap kata di dalamnya, merasakan keajaibannya, tergetar hati kita saat shalat dan mendengar bacaan imam. Allah.. TT.. Aku tahu untuk fokus yang satu ini aku masih jauh di bawah. Masih perlu belajar bahasa arab dengan tekun, masih perlu meluangkan waktu lebih banyak lagi tentang Al Qur'an.

Fokus kedua : NLP

Sebuah matakuliah yang membuatku tersenyum setiap kali mempelajarinya. I know I'm not that good at informatics. Namun matakuliah ini.. Jujur membuat mataku berbinar pertama kali saat aku mendengar TA kakak tingkat tentang NLP dan Al Qur'an. Aku juga mengambil TA di bidang ini, namun tidak berkaitan dengan Al Qur'an. Berharap lewat bidang ini.. Ilmu informatika ku dapat bermanfaat untuk agama dan bangsa. Just info, my final assignment is about building tools and resource Indonesian NLP. Spesifiknya ke Wordnet, atau Framenet atau teman-teman sejenis lainnya.

***

Kita kini menapaki tahun ke 1435 sejak Rasulullah hijrah. Pertanyaannya, adakah kita selalu hijrah untuk semakin dekat dengan Allah?

Mari manfaatkan momen tahun baru ini sebagai momen untuk muhasabah, merangkai visi dan rencana, mengingat lagi perjuangan Rasulullah. Dan bukan sekedar meramaikan dengan terompet dan kembang api seperti kebanyakan orang kafir merayakan tahun baru kabisat.

#WishABetterYear #CloserToAllah #CloserToAlQuran #TrullyLoveQuran #TahunTA

No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya