Follow Me

Tuesday, October 21, 2014

Merangkai Rencana Indonesia 2039




*image taken from this


Bismillah..

Indonesia 2039. Sebuah nama negara dan tahun di sampingnya. Jika membaca frasa tadi apa yang terlintas dipikiran kita?

Indonesia 2039, adalah sebuah informasi, prediksi, opini dan berbagai hal lainnya yang terkait dengan Indonesia dan 2039. Seperti halnya manusia yang seringkali membuat rencana dengan target waktu, bagaimana dengan negara? Indonesia 2039 adalah sebuah titik waktu, tempat dimana kita kemudian melayangkan ide bagaimana Indonesia di tahun 2039?

Indonesia 2039

Seperti halnya kita menentukan rencana, dua puluh lima tahun yang akan datang akan jadi apa kita? Seperti itulah frase Indonesia 2039 berdiri saat ini. Di tahun 2039, apa kabar Indonesia?

Untuk menentukan rencana Indonesia 2039, kita butuh beberapa unsur yang harus dicari, digali, dan dikaji.

Impian Indonesia yang ingin dicapai di tahun 2039

Tujuan. Impian. Visi. Adalah pacuan utama yang harus ditentukan. Ini akan menjadi motivasi tiap individu yang mengingatnya. Berikut empat teori tujuan negara [1] :

1. Teori Fasisme
Tujuan negara menurut teori fasisme adalah imperium dunia. Pemimpin bercita-cita untuk mempersatukan semua bangsa di dunia menjadi satu tenaga atau kekuatan bersama. Beberapa negara yang pernah menganut fasisme antara lain Italia ketika dipimpin oleh Benito Mussolini, Jerman ketika dipimpin Adolf Hitler, dan Jepang ketika dipimpin Tenno Heika.

2. Teori Individualisme
Teori individualisme berpendapat bahwa negara tidak boleh campur tangan dalam urusan pribadi, ekonomi, dan agama bagi warga negaranya. Tujuan dibentuknya negara hanyalah berfungsi untuk menjaga keamanan dan ketertiban individu serta menjamin kebebasan seluas-luasnya dalam memperjuangkan kehidupannya.

3. Teori Sosialisme
Teori sosialisme berpendapat bahwa negara mempunyai hak campur tangan dalam berbagai bidang kehidupan masyarakat. Hal mi dilakukan agar tujuan negara dapat tercapai. Tujuan negara sosialis adalah memberikan kebahagiaan yang sebesar-besarnya dan merata bagi setiap anggota masyarakat.

4. Teori Integralistik
Teori integralistik berpendapat bahwa tujuan negara itu merupakan gabungan dan paham individualisme dan sosialisme. Paham integralistik ingin menggabungkan kemauan rakyat dengan penguasa (negara). Paham integralistik beranggapan bahwa negara didirikan bukan hanya untuk kepentingan perorang­an atau golongan tertentu saja, tetapi juga untuk kepentingan seluruh masyarakat negara yang bersangkutan.

Dari teori di atas, yang mana merupakan tujuan Indonesia? Sebelum menjawab, mari kita teliti tujuan negara menurut Islam, sebuah teori yang jarang sekali dikaji.

Di dalam islam, awal terbentuknya negara adalah ketika Rasulullah hijrah ke Madinah. Di Madinah kemudian Rasulullah membentuk negara atau biasa disebut khilafah dengan beliau sebagai Khalifah nya. Tujuan khilafah yaitu [2] :

1. Melanjutkan kepemimpinan agama setelah Nabi Muhammad shalallahu 'alaihi wassallam wafat
2. Memelihara kemurnian ajaran Islam dan menyelamtkan akidah umat
3. Mengupayakan kesejahteraan lahir dan batin dalam rangka memperoleh kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat (sa’adah fi daraini)
4. Mewujudkan dasar-dasar pemerintahan (khilafah) yang adil dalam seluruh aspek kehidupan umat.
5. Melaksanakan hukuman (paradilan) dan melerai pertengakaran antara dua kelompok yang berlawanan.
6. Menjaga keutuhan kedaulatan Negara dari serangan musuh
7. Menyebarkan dakwah Islamiyah ke seluruh dunia

Sekarang teori tujuan negara sudah terkumpul, maka untuk membuat rencana Indonesia 2039, tujuan Indonesia harus dikaji dan mulai dirumuskan.

Langkah meraih impian Indonesia 2039

Setelah tujuan ditentukan dan mimpi dirumuskan, maka tahap selanjutnya adalah menentukan langkah-langkah untuk meraih tersebut. Karena tujuan Indonesia masih harus dirumuskan secara bersama izinkan penulis memberikan contoh satu jenis impian dan merincinya menjadi beberapa langkah.

Misalnya, Indonesia ingin di tahun 2039 pendidikan sudah merata di seluruh kota dan desa, serta berstandar internasional. Beberapa langkah untuk mewujudkan hal itu antara lain :
1. Pembuatan kurikulum yang baik
2. Sumber daya guru yang mencukupi untuk setiap daerah
3. Adanya gerakan guru masuk ke pelosok
4. Anggaran biaya untuk siswa yang miskin, dan lain-lain.

Langkah ini tidak harus dibuat secara berurutan. Apa saja faktor yang bisa mendukung baik teknis maupun secara general di list dan dibiarkan acak di awal. Langkah -langkah ini bisa di dapat dengan cara brainstorming, menilik sejarah, benchmark ke negara lain, dll. Setelah terkumpul, tahap selanjutnya adalah menata list tersebut menjadi list langkah yang lebih padat, baik menggabungkan beberapa langkah maupun dengan cara menjadikan sebuah langkah sebagai sub langkah lain yang terkait. Dan dari list langkah yang lebih padat tersebut, kita bisa menjelaskannya dari sisi teori, teknis dan sisi lain.

Hambatan meraih impian Indonesia 2039

Langkah beserta penjelasannya sudah dibuat, dari sana kita kemudian akan menemukan hambatan-hambatan merealisasikan langkah. Hambatan tersebut kita pisahkan menjadi bagian yang berbeda. Sama dengan bagian langkah, hambatan juga dicari dari dengan teknis yang sama. Hambatan terbagi menjadi dua dari segi asal hambatan tersebut, yaitu hambatan internal dan hambatan eksternal.

Contohnya untuk mimpi yang sama di bagian sebelumnya, hambatan yang mungkin ada yaitu:
1. Hambatan Internal
    - Banyak masyarakat yang belum tahu pentingnya pendidikan
    - Jarang ditemukan guru yang mau ke pelosok, dll
    - SDM Guru yang susah dinaikkan
2. Hambatan Eksternal
    - Perusahaan internasional yang merekrut banyak buruh lulusan SMA, dll

Masih ada dua bagian lagi yang harus dibahas untuk membuat rencana Indonesia 2039, yaitu  Solusi hambatan, dan Timeline dan milestone menuju Indonesia 2039. Dua hal tersebut akan di bahas di tulisan berikutnya.

To be continued..

DAFTAR PUSTAKA

No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya