Follow Me

Tuesday, April 4, 2017

Beneran Sudah Basi

#blogwalking

Bismillah.

only fool fools on april fool day #jahat

Tanggal berapa ini Bell, masih ngutip tulisan tentang April Mop / April Fool Day? Gapapa ya? Meski basi, semoga tetap bermanfaat dibaca. Kan tulisan itu.. bisa dibaca siapapun, di tempat manapun, di masa yang berbeda, ya kan?
Asal mula April Mop yang tragis

Sebenernya, April Mop itu sejarahnya kayak apa, sih? Kalau kita gali-gali tentang informasi ini, banyak banget versi asal mulanya. Salah satu versinya yang kayak gini:

Sejak Panglima Thariq bin Ziyad memberbesakan Spanyol, Spanyol menjadi salah satu negara yang sejahtera dan makmur di bawah kepemimpinan Islam. Kemudian saat Negara Islam jatuh akibat kalah dalam perang Salib, penduduk Spanyol yang muslim terpaksa bersembunyi di rumah-rumah mereka untuk menyelamatkan diri. Pasukan salib terus mengejar mereka. Saat itu mereka mengatakan bahwa kaum muslim yang bersembunyi bisa keluar dari persembunyian mereka dengan aman. Dan mereka diperbolehkan berlayar keluar Spanyol dengan kapal-kapal yang sudah dipersiapkan di pelabuhan.

Keesokan harinya, ribuan penduduk muslim Spanyol yang bersembunyi keluar dari rumah-rumah mereka menuju pelabuhan. Beberapa orang muslim tidak percaya dengan pasukan salib dan memilih untuk bertahan dan terus bersembunyi di persembunyian mereka. Setelah itu, dengan cepat pasukan salib menggeledah rumah-rumah yang telah ditinggalkan kaum muslim dan membakar rumah-rumah tersebut dengan orang-orang muslim yang masih bertahan di dalamnya.

Sedangkan umat muslim yang berada di pelabuhan juga terkejut melihat tentara salib juga membakar kapal-kapal yang akan ditumpangi oleh kaum muslim. Kaum muslim saat itu tidak bersenjata. Kebanyakan mereka juga terdiri dari para perempuan dan anak-anak. Sedangkan para tentara salib membantai umat Islam Spanyol tanpa rasa belas kasihan.

Tragedi ini terjadi pada tanggal 1 April 1487 atau bertepatan dengan 892 H. Yang kemudian diperingati oleh dunia Kristen setiap tanggal 1 April sebagai The April’s Fool Day.

Tragis banget, kan, Bro en Sis. Kaum muslim yang sudah lemah saat itu ditipu oleh para pasukan salib yang licik dan jahat. Dan rasanya tidak pantas kalau kita sebagai seorang muslim ikut-ikutan dalam April Mop ini. Bener nggak?
- O. Solihin, April Mop Sudah Basi!
***


Sebenarnya, ingin banyak komentar. Tentang kejahilan jaman SMP kelas satu, ikut-ikutan april mop. Lucunya bukan bohong, aku justru menggunakan momen april mop untuk menyampaikan uneg-uneg rasa sebelku ke temen hahaha, trus ga berhasil bohong kalau semua itu bohong. Wkwkwk. Jadinya beneran jujur, kaya marah-marah tapi lewat sms.

Trus juga ingat, bukunya O. Solihin yang membuatku ga gampang ikut-ikutan tradisi/kebiasaan. Remaja itu.. biasanya apa-apa ikut-ikutan loh, masih labil dan belum punya prinsip. Bukunya berjudul Jangan Jadi Bebek 1 dan 2.

Trus inget, pertama kali denger asal muasal april mop, waktu SMA, dari teman malahan. Meski udah ga pernah ikutan, aku ga cari tahu tentang april mop. Waktu itu siang hari, lupa bulan maret akhir atau awal april, tapi kelasku IPA5 sedang matkul BK, dan dosennya *eh, gurunya ga bisa hadir. Anak-anak kelas IPA5 jadi nonton film malahan, aku dan dua teman perempuanku keluar kelas karena ga pengen nonton, trus ada dua siswa sekelas juga yang ikutan keluar kelas. Kita ngobrol macem-macem kayanya, sampai nambah satu siswa IPA7 ikutan nimbrung, trus bahas tentang April Mop. Pas lagi bahas, ada guru yang lewat dan melihat kami berenam. Jeng jeng.. Kita ditanyain kenapa di luar, kita jelasin semua, termasuk sedang ngobrolin apa. Tapi anehnya, guru tersebut justru bercanda, nuduh, kalau kami couple, kami serentak ga setuju dan heboh, trus baru nyadar ternyata kami berenam kebetulan memang ada 3 siswa dan 3 siswi hihihi. Geleng-geleng kepala ingetnya hehe, masa-masa SMA.

***

Jadi malah nostalgia ya? Hikmahnya jadi lupa semua ya? Tujuan nulis ini apa sih?

Semoga kita ga cuma ikut-ikutan budaya semacam ini ya.. Kalau kita mau mikir logis, ini ga ada manfaatnya, lebih banyak negatifnya malahan. Trus, cara untuk bersenang-senang/bercanda kan ga musti dengan bohong. Ada candaan lain, atau hal lain yang menyenangkan meski tidak bohong.

Budaya yang merebak dan gatau dasarnya apa, jangan cuma asal ikut-ikutan ya.. kalau perlu cari asal-usulnya, analisis manfaat dan ruginya, trus jangan dilakuin. Kita sering lupa, kalau kita akan ditanya setiap hal yang kita lakukan. Kita..? Kamu maksudnya Bell? Iya L

Semoga kita terhindar dan tidak termasuk orang-orang jahil. Jadi inget doanya Nabi Musa, saat menyangka perintah Allah menyembelih sapi adalah jokes. Apa coba doanya? Yuk tengok mushaf masing-masing hehe. (hint: ayat 67, suratnya tebak-tebak sendiri ya?) J

See you next time... if Allah let us. (:

Allahua'lam.

No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya