Follow Me

Friday, April 7, 2017

About People with Good Hearts

#blogwalking

Bismillah.

Isi blognya cuma sebuah gambar berisi kutipan berbahasa inggris, lalu penulisnya menuliskan kalimat pendek di bawahnya.
"Sometimes. But do not give up for being a good one." - Genis, dalam tulisannya You're Missing the Moon While Counting Stars

***

Dari tambahan kalimatnya, sepertinya Mba Genis mengambil sudut pandang yang berbeda dari sudut pandangku. Mba Genis membaca kutipan sebagai sudut pandang people with good hearts, yang suatu saat mungkin akan berbalik menjadi dingin. Sedangkan aku.. sebaliknya, aku menempatkan diriku menjadi seseorang, yang lupa/tidak sadar akan orang-orang berhati baik itu.

Membaca kutipan di atas, mengingatkanku pada orang tuaku, kakakku, adikku, sahabat-sahabatku. Hm.. betapa aku sering menjadikan mereka harus membuatkanku 'excuse' saat aku tidak memberi penjelasan. Betapa mereka sering melihat yang terbaik dari diriku, padahal mereka juga tahu begitu banyak keburukanku. Betapa seringkali saat aku dalam kondisi terburuk, mereka meluangkan waktunya, menemaniku agar hariku, diriku membaik. Ya, mereka rela meluangkan waktunya menemaniku yang diam dengan muka masam, meski mereka punya hal-hal penting lain yang seharusnya bisa mereka lakukan, daripada berada di sampingku. Betapa mereka selalu meluangkan waktu untukku sedangkan aku... aku seolah selalu 'sibuk' dengan duniaku. Ah.. ingin segera pulang rasanya menulis ini...

Membaca kutipan di atas, membuatku bertanya pada diriku. Did I miss the sun while counting stars? Bulan kan bukan bintang ya hehe, jadi aku ganti kalimatnya jadi matahari.

Membaca kutipan di atas, membuatku berdoa dalam hati. Semoga... meski sikapku seperti ini, aku tidak membekukan hati yang hangat, tidak mendinginkan hati yang begitu baik. Semoga... aku belajar, untuk menghargai setiap hati baik itu.. Aku memang tidak mudah mengeja rasa, menunjukkan pada mereka betapa mereka berarti dalam hidupku. Tapi.. aku harus belajar. Karena aku tahu, manusia, tetaplah manusia. Suatu saat mereka akan lelah denganku, yang begini-begini saja. Suatu saat mereka akan ada di titik tidak bisa melihat yang terbaik lagi dalam diriku, karena begitu banyak keburukanku yang mereka lihat, dengar atau rasakan.

Membaca kutipan di atas, aku.. semoga kelak aku bisa menjadi salah satu dari orang-orang dengan hati yang baik. Saat ini hatiku memang masih jauh dari baik, masih berpenyakit, dan berkarat. Tapi.. izinkan aku belajar, sedikit demi sedikit. Berjalan, selangkah demi selangkah. 

***

Terakhir, untuk Sang Penguasa Hati.. izinkan aku mengutip doa yang engkau ajarkan dalam kalam-Mu.
Rabbanaa atmimlanaa nuuranaa waghfirlanaa, innaka 'ala kulli sya-in qadiir
- surat 68 ayat 8
Semoga kelak di hari akhir, dijadikan golongan bersama Rasulullah dan orang-orang mu'min yang memiliki cahaya, di depan dan kanan kami. Aamiin.

Allahua'lam.

No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya