Follow Me

Tuesday, April 11, 2017

Pixell, Steller, Facebook Friendship Video

#random #gakpenting

Bismillah.

Sudah ada di draft sejak lama, kejadian terkait sosmed semuanya. Satu-satu aku kumpulin, biar blog ini ga kebanyakan tulisan random dan ga pentingnya. Ini semua disatuin aja, dari tiga, dikurangin, jadi satu. Kalau tiga tulisan random dan ga penting digabung jadinya kaya apa ya? Makin random dan gak penting? Apa sih Bell? Langsung aja ya...

Steller.co

Aku mengunjungi sosmed ini, ceritanya panjang. Berawal dari blog seseorang (Nobita), berisi puisi perpisahan dengan seseorang yang lain (Doraemon). Nah.. nobita menyebutkan, tulisan-tulisan (puisi) lama kolaborasi mereka berdua, masih bisa dibaca di link X. Aku baca deh deretan puisi kolaborasi Nobita dan Doraemon, terus jadi nemu link blog Doraemon. Aku berkunjung ke sana, baca-baca, trus dapet link steller.co, yang isinya postingan puisi kolaborasi Nobita dan Doraemon tapi dikemas dalam bentuk tulisan dan gambar. Format khas dari steller, mirip-mirip sama slide show ppt, tapi ini sosmed.

screenshoot versi web-nya
Aku tertarik dengan ide yang dibawa Steller. Walaupun di satu sisi, aku yakin, bisa jadi ada sosmed lain yang memiliki fasilitas yang bisa menunjang tujuan yg sama dengan tagline steller.co. Tapi karena aku baru kenal, aku jadi tertarik baca-baca steller yang ada di dashboard, dari yang bahasa inggris, bahasa indonesia, sampai entah bahasa apa. Trus jadi mikir.. kalau aku punya, mau diisi apa ya?

Chatbot Pixell 

Males jelasinnya hehe. Intinya semacam chatbot, yang bisa bantuin buat photogrid, watermark dll. Berguna untuk seller, yang hp-nya terbatas, ini bukan aplikasi tambahan. Cukup add akunnya dan chat deh, hehe. Penjelasan lengkap, foto, tutorial gif-nya bisa di baca di postingan Alifa Nurani Putri yang ini.


Facebook Friendship Video

Facebook gatau kenapa buat service ke penggunanya, sering buatin video otomatis gitu yang bisa diedit-edit. Dulu pernah yang ngucapin tahun baru/lebaran ya? Trus kemarin-kemarin ada yang baru, video facebook friendship. Jadi entah pakai algoritma apa, fb nyari tahu teman di fb mana yang paling banyak interaksinya dengan akun kita, trus dibuatin video deh. Cuma kita bisa lihat, tapi kalau mau di share, bisa dilihat diri sendiri, orang yang ditag, bisa juga dishare ke public.

Aku sama Melyana (Anna), 7 tahun friendship, tiga ratus sekian saling ngelike katanya... Trus ada foto-foto yang kita saling tag, atau sama-sama di tag. Yang so sweet itu.. foto pertamanya adalah poster acara STEI di Masjid Darul Hikam Dago. Aku inget banget, acara saat itu. Jadi kangen (: muslimah stei 2011 pasti inget, pas TPB siapa aja ya yang hadir? hehe

Trus jadi ingin cerita pertemuanku dan Anna. Dulu kita satu SMA namun ga pernah satu kelas, dan ga ikut ekskul yang sama. Suatu siang, siang atau pagi ya? Intinya kita ketemu di lab fisika SMA1 dalam rangka pembinaan fisika, persiapan ikut olimpiade. Saat itu kami duduk di kelas 11. Pesertanya dikit, cuma lima, dan kami dua orang siswi, yang lain mahasiswa, eh, siswa. Semacam itulah.. malem cerita panjang, kasihan yang baca ga nyambung.

Ada yang sesuatu dari video friendship ini. Jadi sabtu kemarin, saya ngobrol dengan adik tingkat ngalor ngidul. Sampai aku menyebutkan tentang video ini, aku pikir ia juga akan seantusias aku. Tapi ternyata... "Masa aku sama si X coba?" Wah.. ngeliat videonya aja udah males karena liat namanya. Jadi ternyata hasil algoritma fb, yang paling sering interaksi adalah akun seorang non mahram, laki-laki. Aku saat itu cuma ber-O ria dan berusaha menghibur. Gapapa kok, ini mah sebelah pihak doang yang tahu. Maksudnya si X ga tahu kalau video friendshipnya adik tingkatku sama dia kalau ga di share.

Temanku yang paling sering interaksi menurut perhitungan facebook memang Anna, tapi bisa jadi teman yang paling sering interaksi dengan Anna bukan diriku. Dan itu ya wajar. Kan kadar interaksi facebook tiap orang berbeda. Apalagi kalau sudah tidak seaktifitas dll, pasti menurun. Kalau misal.. Anna dari SMP ada teman yang sampai sekarang masih sering interaksi di fb, pasti teman itu yang ada di videonya. Begitu...

Hikmah dari itu.. aku jadi merasa lega, sudah menghapus pertemanan dengan yang bukan mahram. Belum semua memang, ada guru SMA, dan guru lain yang ga berani aku unfriend. Lagian ga pernah interaksi juga dengan para guru tersebut, saya cuma banyak dapat manfaat dari beliau semua. Satu arah, jadi gapapa.

***

Maaf panjang, random dan ga penting. Sudah diwanti-wanti dengan hashtag di atas. Kalau tetap baca dan nyesel, jangan salahin saya hehe. Gapapa sih salahin eh nasihati saya.. biar ngisi blog dengan tulisan yang lebih berkualitas, dengan cara yang baik tentunya. 

See you another time..

Allahua'lam.

***

PS: Nama samaran Nobita dan Doraemon terinspirasi dari pertanyaan di grup whatsapp NAK Indonesia. J

No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya