Follow Me

Monday, August 10, 2020

Pejalananku Main Desain


Buka twitter buat retweet 1m1c. Trus baca ini. Trus jadi pengen reply. But noo.. Twitter jangan jadi sosmed (?), jadi tempat retweet 1m1c aja hehe.

Jadi deh capture, pindahin ke sini. Simpen draft dulu. Nantin dilanjutin.

Jawaban pertanyaan diatas:

I know canva from Aulia Azmi Masna. Temen sekolah jaman putih-abu-abu. Doi designer bukan cuma desain poster dll tapi juga desain baju. Ownernya Al Haura.

Aku kenal canva dari jamannya belum ada aplikasi. Saat masih web, masih versi beta pula. Tapi versi beta itu aja. Udah nyenengin buat main-main desain. Konsepnya cuma klik, drag, edit-edit.

***

Aku termasuk yang payah sebenarnya dalam membuat desain. Tugas corel dan photoshop jaman SMA juga begitu aja. Jauh dari bagus. Sampai aku bertemu canva? Gak juga hehe.

Meski kenal sama canva udah lama, tapi jarang make. Versi web beta dulu, harus kenceng internetnya. Trus kebutuhanku membuat desain juga belum sebanyak sekarang. Aku dulu cuma buat desain dengan cara menempelkan tulisan di foto. Dan cara paling sederhana adalah dengan power point. Aku gak kenal sama sekali sama tools photoshop, corel dll. Bukan typical anak yang suka desain.

Tapi sejak ada canva jadi banyak main desain. Ga cuma nambahin kata di atas foto, tapi juga belajar nambah elemen dll. Beberapa jejak hasil canva dari sosmedku.

ASadeepuuogusftm n16smor,ret t20g1dsidf6

 
StetpantrdSesmpaoobmtcernres 2sorc8edmrs, s201i8 | edit teks, pilih font dan kombinasi warna


January 26, 2019 | edit teks, pilih font, warna, gambar, tambah elemen


***

Sekarang, canva tuh kaya jadi tempat nyamanku untuk desain. Kalau mau desain cepat biasanya aku design di aplikasi hp. Kalau butuh lebih banyak berkreasi biasanya buka canva versi web di laptop. Karena masing-masing ada kelebihan dan kekurangannya. Misal di versi web, dalam satu kotak teks, kita bisa main edit warna, ukuran, dan style. Beda dengan di aplikasi android, kalau beda ukuran teks, beda warna, beda style (bold/italic) harus beda kotak teks.

Terakhir, untuk siapapun yang baru memulai main desain. Jangan ragu untuk banyak mencoba dan latihan. Gapapa ga bagus, namanya juga belum pro hehe. Tools dan sarana untuk main desain makin banyak, ga harus download semua. Pilih satu aja gapapa, yang nyaman untukmu. Yang gak suka canva, karena harus stay connected, bisa pakai aplikasi lain. Nikmati prosesnya, berkreasi tanpa merasa terbebani.

Semangat~ jangan lupa nulis juga hehe. Jangan sampai karena bingung mau ditambahin desain/gambar apa di blog, jadi ga nulis hehe.

No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya