Follow Me

Sunday, August 30, 2020

Untuk Anna

Bismillah.



Untuk seorang sahabat yang membawa banyak kebaikan dalam hidupku.

***

Pagi itu, sebuah link video kajian masuk di sebuah grup whatsapp. Kajian sebuah kitab episode kedua. Aku membukanya, mendengarkan sebagian dalam kondisi agak mengantuk. Isi di dalamnya, ustadz yang menyampaikan kajiannya, mengingatkanku pada halaqah awal aku kuliah di Bandung.

Pagi itu, kajiannya aku pause sejenak, letikan ide membuatku tergerak untuk menulis sebuah surat terimakasih untuk seseorang. Seseorang yang mengantarkanku dan mendampingiku belajar islam.

Aku mengenal Anna sejak kelas 11, di sebuah pembinaan olimpiade fisika. Kami berdua perempuan, sisanya empat atau lima orang lainnya laki-laki. Sejak itu kami jadi dekat. Aku ingat Anna banyak bercerita tentang perjalanannya belajar islam. Ia memberiku tumpukan file berisi materi-materi pelajaran islam. Kumpulan artikel, tanya-jawab, dll.

Persahabatan kami terus terjalin, karena qadarullah kami melanjutkan kuliah di institut dan fakultas yang sama. Meski kami tidak pernah tinggal di rumah kos yang sama, beda kelas juga, tapi kami masih sering menghabiskan aktivitas bersama.

Lewat Anna, aku diajakin ikut kajian-kajian, mengenal Ustadz Abu Ezra (lewat mba Nisaa yang sekosan sama Anna), daftar PAI PIMPIN Bandung, termasuk juga mengenal ustadz Nouman Ali Khan dan gabung grup wa NAK Indonesia juga atas ajakan Anna.

Menulis ini mengingatkanku satu hari di November 2016, hari itu semacam penghibur untukku, satu hari itu seolah jawab doa Allah untukku. Bahwa aku tidak sendiri, bahwa aku tidak boleh tenggelam dalam kesedihan.

***

Kata terima kasih tidak cukup untuk menggambarkan perasaan syukurku, karena mengenal dan menjadi sahabat Anna. Semoga Allah memberikan balasan yang jauh lebih baik, atas setiap jejak kebaikan yang sampai kini masih aku rasakan manisnya. Semoga ikatan ukhuwah ini mengantarkan kami sampai jannahNya. Aamiin.

No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya