Follow Me

Tuesday, August 11, 2020

It's Raining Tonight

Bismillah.

Alhamdulillah. It's raining tonight.

Malam ini hujan menyapa Purwokerto.

gif from tumblr. lupa alamatnya, di save tahun 2012-an

Sebenarnya sejak pagi, awan sudah malu-malu menuangkan air berkah yang dipeluknya selama beberapa hari, atau pekan? Sudah begitu lama hujan tidak menyapa hari.

Pagi ini sedikit gerimis. Terlalu kecil dan sebentar sebenarnya untuk disebut gerimis.

Sore pun begitu. Suara ketukan kecil terdengar di genting rumah kami. Namun saat melihat ke luar, tidak ada bekas air. Seolah air hujan turun begitu ringan kemudian menguap lagi.

Tapi malam ini, selepas magrib, airnya mengalir.
Mengobati rindu dedaunan dan tanah yang mengering, sebagian hampir mati.

Entah pertanda apa ini? Semoga ini bukan termasuk tatayyur ya hehe.

Aku tahu, aku sering mengada-ada kalau hujan turun. Menerka-nerka, selain air hujan, "ayat" apa yang sedang diturunkanNya? Keberkahan apa yang Allah semai di hati yang rindu untuk hidup kembali?

Aku tahu, aku sering mengada-ada kalau hujan turun. Menyangkut pautkan hujan dengan diriku.

Setiap kali hujan, otomatis aku teringat untuk berdoa. Doa apa yang seharusnya kulangitkan?

Setiap hujan, aku teringat tentang hati yang keras dan sekarat. Hatiku, merindukan hujan juga. Bukan hujan yang rintiknya kudengar di telinga. Hujan lain yang melembutkan hati.

Setiap hujan, aku berharap teringat tentang nikmat yang Allah limpahkan dalam hidupku. Bagaimana hujan selalu bisa menjadi penghibur piluku. Orang lain mungkin tidak tahu, tapi Allah tahu.

Aku tahu, aku sering mengada-ada kalau hujan turun. Menyangkut pautkan hujan dengan diriku. Seolah hujan malam ini diturunkan khusus untukku. *aku tahu, egois, dan tentunya ini salah. Mana ada hujan untukku saja hehe.

Hujan ini untuk semua makhlukNya. Mulai dari rerumputan liar, pohon yang sebagian daunnya telah meranggas, nyamuk yang butuh genangan air untuk bertelur, sampai manusia, manusia yang tidak bisa hidup tanpa air.

***88

Penutup.

Ada beberapa pertanyaan, yang barangkali harus aku cari jawabannya sendiri.

Ada yang tahu, berapa ayat dalam quran yang menyebutkan tentang hujan? Dimana saja? Dalam konteks apa saja?

Ada yang tahu, berapa ayat yang menyebutkan tentang air hujan yang tawar? Dan kita seharusnya memikirkan dan bersyukur akan rasa tawar itu?

Bayangkan jika air hujan asin. Atau kalau belajar tentang biologi, atau tentang cuaca** entahlah masuknya bidang apa. Bayangkan jika hujan yang turun adalah hujan asam? Mungkinkah bumi bisa bertahan hidup? Mungkinkah kita bisa bertahan hidup?

Semoga setiap yang kita lihat, kita dengar dan kita rasakan bisa menjelma "ayat" yang mengingatkan kita padaNya. Yang membuat kita merasa takjub, melting, bersyukur, tapi juga sekaligus malu dan bersalah. Lalu kita bersegera menuju ampunan dan surgaNya. Lalu kita berlari menujuNya. Aamiin.

Allahua'lam.


No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya