Follow Me

Sunday, May 5, 2013

Jika Dibandingkan Dengan Mereka


 
Bismillah..
Baru saja dihadapkan pertanyaan, yang memintaku membandingkan. Compare, comparable *eh :-P if you know what i mean.

Mungkin lebih mudah rasanya, jika yang dibandingkan adalah dua hal yang bisa kau lihat secara objektif. Yang jadi masalah, yang kau bandingkan adalah dirimu. Yang sudah jelas-jelas akan dipandang secara subjektif oleh diri.

***

Kalau dibandingkan dengan yang lain, bagaimana dirimu? Terbaik dimana?

Dan aku terdiam. Tertunduk. Tak tahu harus memulai dari mana membandingkan diriku dengan mereka. Membandingkan diri, dengan orang lain yang jelas-jelas berbeda denganku. Maaf, ucapku dalam hati. Aku tak bisa menjawabnya. Terbata aku mengeja, “dibandingkan dengan yang lain....”

“........” aku masih belum mengucap kata-kata. Aku sudah berusaha berpikir keras. Hasilnya sama. Aku tak bisa membandingkan diriku dengan mereka. Jikapun iya aku bisa, bagiku.. mereka akan selalu tampak lebih baik. Senyum mereka, keaktifan mereka, kontribusi mereka. Dan diri? Rasanya tak bisa dibandingkan. Aku, yang lebih sering tampak datar, aku yang lebih sering tampak tak aktif, aku yang lebih tampak sibuk di luar.

Sungguh, aku tak bisa membandingkan diriku dengan mereka. Apalagi dengan mereka, yang tinggal satu atap denganku. Sungguh, aku tak bisa membandingkan diriku dengan mereka. Apalagi dengan mereka, yang tangisnya membuatku ikut terisak. Apalagi dengan mereka, yang tawanya mengundang senyumku. Haruskah kujawab pertanyaan itu? Pertanyaan, yang memaksaku membandingkan diri dengan mereka.

***

Kalau dibandingkan dengan yang lain..

Aku bukan apa-apa.

Allahua'lam.

No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya