Follow Me

Tuesday, February 14, 2017

Sedikit tentang Pemaknaan Cinta

#blogwalking

Bismillah.

Awalnya baca di fanpage Mata', trus jadi buka blog, akhirnya jadi lihat tulisan yang sama juga di posting di web mata. Izinkan aku mengutip bagian akhirnya ya..
“Jadi di antara mereka,” tanyaku sambil mengepalkan jemari “Siapa yang lebih mengagumkan, siapa yang paling baik akhlaknya, siapa yang paling benar ucapannya?”
Kurasa dia tersenyum lagi, menertawakanku barangkali “Aku telah mendapatkan yang keempatbelas, Laki-laki suci; yang meneladani segala sifat baik yang ada pada insan-insan mulia tersebut, yang mau berusaha untuk terus memperbaiki agamanya. meski jauh dari sempurna, dia mengingatkanku pada sabda Sang Nabi dengan usahanya tersebut; bahwa sebaik-baik lelaki adalah yang paling memuliakan perempuan.”
Aku tersenyum kini, “Tunggu, apakah engkau sebenarnya sedang mengajakku untuk memaknai cinta?”.
- 14 Pria dan Pemaknaan Cinta
***

Ide setting cerita diambil dari kisah rahasia dua lelaki, di website salim a fillah, tapi selain setting, isi dan tujuan yang ingin disampaikan jauh berbeda. Tapi anehnya, dua tulisan itu, bagian favoritku tetap bagian penutupnya, gatau kenapa suka aja. Hehe.

Kalau dari web ustadz Salim, aku suka plot twist-nya. Sang perempuan meminta teman dialognya untuk menebak, mana yang dia pilih, ternyata jawabannya..

Kalau dari fp Mata', karena sudah tahu plot twistnya aku ga terlalu berkesan karena itu. Anehnya, aku justru berkesan bagaimana penulis menuliskan bagian plot twist, bagaimana sang penanya mengepalkan jemari saat bertanya, juga pada kalimat sebelum sang perempuan menjawab. Gatau, anehnya aku suka.
Kurasa dia tersenyum lagi, menertawakanku barangkali
Setting kisah tersebut memang sama, mereka terpisah sebuah tabir, jadi semua ekspresi sang akhawat cuma ada dipikiran si ikhwan, aslinya mah, kita gatau hehe, hanya penulis yang tahu hehe.

Oh ya, dua tulisan tadi, aku juga suka penutupnya, bukan kalimat pernyataan, tapi pertanyaan. Membuat pembaca, seolah diajak menjawab dan melanjutkan kisahnya dipikiran masing-masing. Kalau dari web ustadz Salim, aku dibuat menggumam so sweet hehe, karena ternyata, akhawat yang dibalik tabir adalah istrinya, juga dibuat berpikir usil, kalau ternyata bukan istrinya gimana? Wkwkwk.

***

Barusan teringat, bukan itu tujuan awal blogwalking hehe. *lupa*. Aku ingin meringkas, beberapa makna cinta yang ditulis di sana, di fp dan web Mata. Biar ga terlupa, meski ada 14 pria, tapi pemaknaannya bukan 14 yang ditulis di sana.
1. Cinta itu murni, bahwa cinta adalah kepatuhan nafsu terhadap ketentuan Ilahi
2. Cinta adalah mengenai totalitas kerja, bukan merupakan emosi semata
3. Cinta pasti melahirkan pemaafan
4. Ketika cinta harus memilih, ia memilih Tuhannya dibanding manusia
5. Cinta tak mungkin ternodai oleh egoisme manusia, ia mengalahkan kepentingan duniawi dengan ketulusan abadi
6. Dalam cinta ada keikhlasan, dalam cinta ada keberanian untuk melepas apa yang tidak ditakdirkan menjadi milik kita
7. Hanya ada kebaikan dalam jalan cinta yang benar dan suci
8. Hakikat lain dari cinta adalah penyatuan visi hidup antara dua manusia
Aku, masih jauh dari tahu, apalagi mengerti tentang cinta. Yang aku yakin, cinta, tidak berarti memberi coklat dan bunga pada tanggal tertentu di bulan februari hehe.

Sampai jumpa di lain waktu. Seru kayanya, kalau ada banyak bahasan tentang cinta. Katanya kan, cinta adalah topik menulis yang ga pernah dibosenin pembaca. Benarkah?

Bye~

Allahua'lam.

No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya