Follow Me

Sunday, December 3, 2017

Belajar dan Benturan

#quotes #buku
Bismillah.


Saat kita merasa ingin menyerah pada diri sendiri. Feels like I don't learn what I should learn. Jatuh lagi di lubang yang sama, bodoh bukan? Lupa jalan ke rumah, padahal kedelai saja bisa jalan sendiri ke rumah di malam gulita. Saat rasanya sifat negatif sudah terlalu melekat di diri kita. Saat kebiasaan buruk kita seolah sudah mencetak menjadi karakter buruk.

Saat itu.. mungkin perlu ada yang mengingatkanmu. Bahwa semuanya bisa dipelajari, bahwa kita cuma perlu belajar dan belajar lagi.

Jadi mana kutipannya Bell? Hehe J

Dari buku "Serial Cinta" Anis Matta, yang masih belum aku rampungkan membacanya.
Ini mungkin dan terbuka. Kita bisa mempelajarinya. Alasannya sederhana. Rasulullah shalallahu 'alaihi wasalam bersabda, "Ilmu itu diperoleh dengan belajar. Kesabaran diperoleh dengan belajar menjadi sabar. Kesantunan diperoleh dengan belajar menjadi santun." Ini menjelaskan bahwa di samping karakter-karakter bawaan yang melekat dalam diri kita sebagai warisan genetik. Semua karakter lain bisa kita peroleh dengan mempelajari dan mengimplementasikannya dalam kehidupan kita.
Jadi? Jangan berhenti belajar. Lagi dan lagi. Belajar dan belajar. Belajar sabar, belajar bersyukur, belajar optimis, belajar ikhlas, belajar.. belajar banyak hal lain.

***

Kutipan kedua, dari buku yang sama. Kali ini kutipannya pendek tapi rasanya seperti ada yang melemparkan batu ke kepalaku. Pletak. *gitu kah efek suara yang pas? Hehe
Dan itu tabiat manusia pada dasarnya: mereka membutuhkan benturan untuk menjadi lebih baik. -Anis Matta
Sakit memang dibenturkan dengan masalah ini itu, tapi mungkin karena benturan itu kita sadar bahwa kita salah jalan, atau lewat benturan itu.. kita belajar untuk menjadi lebih baik. Kadang manusia, terutama diriku memang harus digituin.

Allahua'lam.

***

PS: I find it interesting when choosing the title of this post. It's two words start with letter B, written by B. Should I change my pen name to Bee~? #randomthoughts

No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya