Follow Me

Friday, December 1, 2017

Switch Account, BAND, Line Square

Bismillah.

#random #sosialmedia

Awalnya draft ini cuma ingin bahas tools baru di sosial media facebook yang memudahkan pengguna yang mengelola lebih dari satu akun. Tapi ternyata.. hari ini juga, somehow, aku baru nemuin yang namanya line square. Teringat akan aplikasi band, dan akhirnya, aku putuskan untuk bahas semuanya di sini. Oh ya, ini random, dan mungkin banyak curhat, jadi sebaiknya di skip saja.

Facebook Switch Account

screenshoot switch account facebook

Membantu sekali, buat seseorang yang mengelola lebih dari satu akun. Atau untuk komputer, yang penggunanya banyak. Misal, satu keluarga pakai komputer yang sama. Meskipun ini jarang terjadi.

Ini mungkin terkait juga sama fasilitas milih profil picture sebagai password. Kalau komputer yang kita gunakan selalu aman dan tidak dipakai oleh orang lain. Maka ini sangat memudahkan, cukup satu klik, bisa pindah akun.

Yang tadinya untuk pindah akun, butuh beberapa step, seperti logout, lalu mengetik email dan password, kini dengan adanya switch account, tinggal klik mau pindah ke akun mana. Otomatis log out, tinggal menulis password saja, lalu login. Sederhana ya?

Aplikasi BAND

band[dot]us
Aku mengenal aplikasi ini karena grup NAK Indonesia mengadakan kelas story telling dengan aplikasi ini. Sebenarnya yang digunakan adalah group call, fasilitas yang ada di aplikasi line, atau hangout. Yang membuat berbeda mungkin karena ada fasilitas membuat event, yang notifikasinya dikirim ke semua member. Selain pakai aplikasi BAND, kelas story telling NAKID juga membuatku mengenal liveboard, whiteboard live yang bisa mendukung proses story telling.

Banyak banget fitur BAND, ada search band, dll. Disebuah band bisa terdiri dari banyak chat, public or private. Misal ada BAND sebuah organisasi, selain ada chat umum yang isinya seluruh anggota organisasi, ada juga sub-chat room yang berisi sebagian anggota saja, misal perdivisi. Bisa juga buat chatroom private dengan orang-orang tertentu saja. Kalau kamu sudah install, nanti ada BAND Guide buat ngasih tahu penjelasan setiap tools dan fitur dalam aplikasi itu.

Line Square

Mungkin udah banyak yang tahu ya? Aku saja yang kurang update tentang sosial media hehe. Jadi qadarullah, tadi siang buka line, dan menemukan simbol baru disebelah simbol notifikasi dan new post. Iseng aku klik, dan.. serasa nemuin fungsionalitas yang sama dari aplikasi BAND di Line, yang diberi nama line square.

Jujur menemukan line square membuatku mikir, mungkin ini salah satu hal yang membuat anak muda sekarang bisa menghabiskan mayoritas waktunya di sosial media. Di aplikasi line aja, ada banyak banget yang bisa dilakukan. Belum lagi kalau pindah, main ke sosmed lain, seperti fb, wa, ig, you name it.
***

Seperti itulah dunia maya, dunia software, dunia startup teknologi. Orang bisa dengan mudah mengkopi ide, ini bukan lagi tentang siapa yang lebih dulu punya ide. Seperti stories, capture momen yang menghilang dalam waktu tertentu, yang saat ini dimiliki hampir semua sosmed.

Aku pernah baca di Medium, kisah tentang startup teknologi. Bagaimana mayoritas produsen aplikasi harus dikejar-kejar untuk selalu mengupdate dan menambah fiturnya agar tidak ketinggalan jaman. Bahwa mungkin baiknya, kita tidak hanya membuat startup, tetapi membuat movement. Baca di sini ya.

Spaces like SaaS are becoming increasingly competitive, where companies feel they are almost selling a commodity or that their product could be copied overnight.
That’s why, in today’s most cluttered marketplace in history, building a movement is more important than ever.
- Ali Mese, Don't Build a Startup, Build a Movement
***

Mungkin perlu ada buku, atau kelas, yang mengajarkan kita, memandu kita, how to stay productive while using all kinds of social media. Kita tidak selalu bisa menghindarinya. Kita tidak bisa menyalahkan teknologi kan. Kita cuma bisa belajar, dan mengakalinya. Agar yang kita dapatkan cuma manfaat bukan efek negatifnya.

Semoga kita bukan termasuk orang-orang yang merugi. Aamiin. *baca surat al ashr dalam hati.

Allahua'lam.

No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya