Follow Me

Wednesday, November 21, 2018

DifferenCe

Bismillah.

Sejak awal menapak 'di sini' aku sudah menyiapkan mental, bahwa akan banyak perbedaan yang akan aku hadapi. Satu dua hingga pekan ke empat kalau tidak salah, akhirnya perbedaan itu muncul dan membuat diri tidak nyaman. 

Pertama tentang... kedua tentang... aku mencoba berdamai dengan keduanya. Ketidaknyamanan ini bisa saja aku musnahkan kalau aku mau belajar lebih bijaksana. Belajar memahami posisinya, mengapa di sana seperti itu. Belajar melihat sisi positif, mengapa di sini memilih seperti itu. 

Aku seolah diingatkan pada sebuah buku, yang tertulis di dalamnya bahwa saat perbedaan terjadi, solusinya tidak boleh 'pergi' dahulu. Karena toh, di bumi mana tempat semua serba seragam. Bumi dan isinya di desain dengan berbagai perbedaan. Pun manusia, berbeda, dan perbedaan itu ada agar kita saling mengenal. Di sini juga, perbedaan ini, meski akan terus bertambah, semoga tidak membuatku terburu-buru pergi, seperti saat dulu, saat aku masih 'anak-anak'.

Allahua'lam.

No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya