Follow Me

Sunday, June 28, 2020

I'll Be Fine

Bismillah.


I’ll be fine. Aku akan baik-baik saja. Sakit yang kurasakan akan hilang, sembuh, meski mungkin meninggalkan jejak. Aku akan baik-baik saja. I’ll be okay.

***

Saat kau ragu, khawatir dan dipenuhi prasangka. Saat kamu tidak tahu, dan bertanya-tanya namun tidak juga mendapatkan jawaban. Saat itu, mungkin yang harus meyakinkan dirimu bukan orang lain. Tapi dirimu sendiri. Katakan pada dirimu sendiri dalam hati, bahwa kamu akan baik-baik saja. Bahwa setiap kesulitan, ada kemudahan di dalamnya. Bahwa luka yang terbuka akan berhenti berdarah, sel-sel baru akan menutup lukanya. Kau akan baik-baik saja.

Kalau mengatakannya dalam hati belum cukup, mungkin kau perlu menghadap ke cermin dan mengatakan pada bayanganmu sendiri. Yakinkan dirimu, yang terlihat sayu karena dirundung kesedihan. Bahwa kamu akan baik-baik saja, kesedihan akan berlalu, berganti dengan kebahagiaan kecil jika kau mau membuka mata lebih lebar.

Kalau masih belum cukup, tuliskan. Ya, menulislah untuk dirimu sendiri. Katakan pada dirimu dalam tulisan tersebut, bahwa kamu akan baik-baik saja. Kamu bisa melalui tanjakan curam ini. Kamu akan tersenyum lega saat mencapai puncaknya. Dan akan siap menuju puncak berikutnya.

I’ll be fine. You’ll be fine. We’ll be fine.

Yakinkan dirimu, dengan kalimat positif. Orang lain mungkin tidak bisa atau lupa, untuk mengatakannya padamu, bahwa kamu akan baik-baik saja. Tidak ada salahnya, kamu sendiri yang mengatakan itu.

Kalau masih belum bisa menguatkan, coba buka lagi quran di rak bukumu. Kau akan menemukan, bahwa Allah menjamin bahwa kau akan baik-baik saja, karena Allah tidak pernah membebani hambaNya diluar kemampuannya. Jika selftalk kata-kata positif belum cukup. Biarkan ayat-ayatNya yang menghiburmu lembut. Jangan bersedih. La tahzan, innallaha ma'ana. Ada Allah yang siap sedia membantu. Kau hanya perlu berdoa dan meminta padaNya. Karena Allah Maha Mendengar, lagi Maha Mengetahui.

Allahua'lam.

***

Keterangan: Tulisanku ini pernah di sebuah tumblr anonim tahun 2018

No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya