Follow Me

Wednesday, March 14, 2018

Behind The Scene Perubahan Tampilan Blog

Bismillah.
#blog

Mau curhat bagaimana akhirnya blog-ku sampai di tampilan yang sekarang hehe. Alasan awalnya childish, childish banget hehe.

Jadi awalnya kan saya menggunakan tema Terkemuka, dengan warna tosca, tapi karena banyak menemukan blogger lain pakai tema yang sama, akhirnya saya ganti pake tema Soho kombinasi warna hitam pink.

Sampai di situ, masih ada yang ga pas di hati. Rasanya ada yang kurang. Ga bisa baca preview, kecuali pinned post. Trus ga ada prev-next post. Jadi deh.. akhirnya termotivasi untuk cari-cari cara edit html, buat ngedit yang udah ada. Sebelum ngedit, blog ini saya set private.

Percobaannya gagal, gatau kenapa ga berhasil aja, nambahin link prev-next post plus judulnya. Hehe. Maklum, baru pertama kali nyoba edit ginian. Pernah belajar html, tapi buat ngerjain tugas aja, ga pernah dipraktekan untuk blog sendiri hehe.

Trus, kepikiran buat download free theme aja. Hehe. Googling, nemu template ini, upload trus tinggal customize deh. Hal pertama yang saya edit, adalah header blog. Ternyata, bentuknya image. Saya jadi buka canva lagi, setelah sekian lama hehe. Cuma nulis "Better Word for Better Life" dengan background putih hehe. Ukurannya sebenarnya salah, tidak sesuai dengan template asli. Masih harus diubah kayanya, tapi harus belajar desain dan tanya-tanya ke Teh Risma atau orang lain kayanya. Baiknya gimana, biar header blog bisa bagus-nya sama, kaya contoh di default awal Tema Lucy.

Yang kedua, yang saya customize adalah serba serbi di kolom kanan. About me di kanan, saya hapus. Jujur malas, harus cari foto, atau bahkan ngedesain lagi. hehe. Lanjut mengisi link-link sosial media. Trus mengurutkan beberapa gadget lama. Searchnya dibalikin ke atas, lalu bismillah, lalu here i am, dst. Gadget label yang tadinya dikolom kanan juga saya pindah ke bawah hehe. Juga menambahkan gadget image, ambil kutipan dari fanpage Menulis Karena Allah.

Lanjut... saya mengutak-atik feeder instagram. Saya pikir, itu akan muncul kalau akun ig saya public. Setelah dilihat-lihat, sebenarnya isi instagram saya ga ada yang perlu di private. Akhirnya saya ubah setting jadi bisa dilihat siapa saja. Trus saya bingung, harus isi ig_id dan access token. Googling deh. Id gampang dapetnya. Untuk access token, lumayan step-stepnya. Tapi ga terlalu susah juga kok. Saya ngikutin tutorial dari web ini. Setelah sehari, saya coba private lagi ig-nya, ternyata feeder-nya tetep jalan hehe. Jadi akun instagram saya private lagi. Meski isinya ga private, tapi mungkin lebih nyaman seperti ini. Jangan terlalu banyak yang mem-follow dan jangan terlalu banyak nge-follow. Takutnya, saya jadi suka main di instagram lebih lama dari seharusnya hehe.

Lanjut.. saya mengedit widget di baris paling bawah. About me-nya saya isi, fotonya pakai PP twitter saya. Ah, bicara tentang twitter, saya kasihan sama twitter saya, hidup enggak, tapi kalau ditutup juga gimana hehe. List tulisan popular saya setting untuk pekan ini, karena yang di kolom kanan, saya setting all time. Bisa jadi, suatu saat saya ganti-ganti, per bulan, all time, per pekan. Karena ternyata link-link itu ngaruh ya. Hehe. Kerasa banget, betapa tampilan itu penting. Statistik berubah lumayan banyak sejak tampilannya berubah hehe.

Lanjut mengedit menu. Mudah ternyata, membuat menu yang beranak hehe.

editor gadget daftar link
***

Ada beberapa hal yang masih perlu saya lakukan, salah satunya buat desain header blog yang lebih ciamik. Trus, tiap kali nulis link, harus saya kasih underline secara manual. Karena tema ini tulisan hyperlink ga beda jauh sama tulisan biasa. Hm.. namanya juga gratisan pasti ada aja yang kurang hehe. Oh ya, ada kemungkinan saya akan ganti tampilan lagi hehe. Tapi mungkin ga dalam waktu dekat ini hehe. Perlu cari tema yang lebih clean, yang preview tiap tulisannya lebih panjang dari sekarang. Jadi pengennya di home cuma nunjukin 5 tulisan aja, tapi preview-nya lebih panjang, dua kali lipat lah dari yang sekarang.

Satu lagi, tentang related post, PR buat saya untuk memasukkan tiap tulisan ke label dengan baik. Mungkin karena hampir semua tulisan di blog ini, masuk ke label untukku, dan motivasiku, jadinya related postnya terus-menerus menampilkan tulisan terbaru hehe. Kecuali fiksi. Kalau aku buka tulisan fiksi di blog ini, related post-nya udah bener hehe. Beda sama wordpress kali ya. Kalau di blogger kan cuma ada label. Kalau di wordpress ada kategori, tag. Nah aku memperlakukan label itu seperti tag hehe. Ah, jadi kangen buka wordpress, dulu sering buka wordpress karena web tertentu yang harus saya urus kontennya. *maaf ngelantur
 
***

Terakhir, ada yang mau kasih kritik dan saran atas tampilan blog ini? Ada yang mau share tema gratis yang menurutmu cocok untuk blog ini? Atau bahkan mau beliin tema premium? Hehehe.

Bagi saya, selalu, konten itu nomer satu. Saya tahu optimisasi web (SEO,dkk), juga penampilan web itu penting. Tapi konten harus selalu nomer satu.

Jadi Bell? Mari semangat memperbaiki diri, banyak baca, belajar lagi untuk mengedit dan teknis menulis. Mari menulis konten yang baik dan bermanfaat, untuk diri, semoga juga bermanfaat untuk orang lain. Aamiin.

Wallahua'lam.

No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya