Follow Me

Friday, June 7, 2019

Sehat-sehat ya...

Bismillah.


Syawal menyapa, memberitakan kemenangan bagi yang sudah menuntaskan ibadahnya di Bulan Ramadhan. Saat pergi, Ramadhan berpesan, "Sehat-sehat ya.." agar kita menjaga kesehatan, bukan cuma iman, tapi juga jiwa dan raga.

Lalu aku jadi teringat nikmat sehat, nikmat yang barangkali sering kita lupakan. Aku teringat adik, yang dua kali sakit di bulan Ramadhan tahun ini, hasilnya ibadah jadi tidak bisa maksimal. Aku teringat dulu, saat hatiku sakit di bulan Ramadhan. Aku teringat pertanyaan di tumblr, tentang seseorang yang harus minum obat karena jiwanya tidak sehat, sehingga terpaksa ia tidak bisa berpuasa.

Sehat, adalah nikmat yang jika diambil sedikit, kita baru menyadari betapa besar nikmat tersebut. Lebaran biasanya ada beberapa yang tumbang, drop, sakit.  Entah karena terlalu cape, silaturahim ke sana sini, atau menyambut tamu, lalu beberes rumah, cucian yang menumpuk. Atau karena tidak menjaga makan, membuat lambung kaget, karena diisi dengan sekian piring makanan bersantan, sekian sendok sambal pedas, juga minuman bersoda.

Sehat, sedikit saja diambil nikmatnya, kita merasa kewalahan. Lalu teringat, bahwa ada begitu banyak hari seharusnya kita syukuri karena nikmat sehat menjadi makanan sehari-hari.

***

Sehat-sehat ya. Bukan cuma fisik, tapi juga jiwa dan hati. Jika kesehatan fisik bisa kita jaga dengan olahraga dan mengatur asupan makanan. Begitupun kesehatan jiwa. Jangan biarkan berlarut dengan kesedihan dan diberi makan pikiran-pikiran negatif. Begitu juga dengan hati. Jaga hubungan kita dengan Allah, jika sakit, perbanyak membaca dan menelaah Al Quran.

Sehat-sehat ya...


Allahua'lam.

No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya