Follow Me

Wednesday, November 11, 2020

Satu Pekan Pertama Bareng Guidelight ID

Bismillah.


Akhir Oktober yang lalu, alhamdulillah ada rezeki buat daftar program dari Guidelight Indonesia (@guidelight.id). Kalau cuma lihat dari namanya, memang tidak banyak mendeksripsikan hehe. Jadi Guidelight Indonesia itu semacam organisasi yang fokus di dakwah quran. Programnya yang rutin ada Seri Tafsir Quran dan Guidelight Project.

Seri Tafsir Quran biasanya tiap hari Ahad pagi jam 6-8 WIB. Pekan ini bahas surat Al Kautsar.



Adapun Guidelight Project adalah program menghafal sekaligus belajar tafsir surat yang dihafal tersebut, ada sistem halaqahnya juga yang menjadi tempat buat sharing hasil tadabbur ayat juga. Ada 2 batch yang sudah terlaksana, dan sekarang sedang jalan batch ke 3. Surat yang di batch 1 Al Kahfi, batch 2 Yusuf, dan batch 3 Yasin. Durasi waktu projeknya beda-beda. Kalau untuk batch 3 ini, programnya 2 bulan.

Oh ya, salah satu yang membuat aku memutuskan daftar Guidelight Project batch 3 ini adalah karena aku ga bakal bisa ikutan batch selanjutnya. Ada batasan usia gitu untuk peseta guidelight project. Kalau ga salah inget yang boleh daftar itu rentang usia 17-27 tahun. Kuota pesertanya juga terbatas, di batch 1 dan 2, cuma 20 orang. Batch 3 ini 40 orang.

***

Sebenernya aku sempat mengira ga bakal keterima. Soalnya setelah wawancara 10 menit via google meet, ga ada kabar meski udah hampir ganti bulan. Tanggal 31 Oktober aku dimasukkan ke grup wa Guidelight Project batch 3, bersama peserta lain dipersilahkan memperkenalkan diri dan mengisi konfirmasi kehadiran acara pembukaan keesokan harinya.

Setelah pembukaan, malamnya langsung disuguhi Reading Material dan quiz Pre Test. Senin paginya ada kelas study series pertama, membahas QS Yasin ayat 1-5. Hari-hari awal bareng guidelight terasa padat. Dalam waktu singkat, dibagi kelompok mentoring, nentuin jadwal mentoring (2x per pekan @2jam). Dapet pasangan taakhir, *jadi inget Mata'. Ngerjain quiz lagi untuk menguji hasil belajar di study series, sharing tadabbur ayat hari Jumat, ngumpulin versi tertulisnya, trus sabtunya monitoring dan evaluasi.

Berasa kuliah lagi, itu yang aku rasain. Apalagi waktu diberi link google class. Keinget jaman dulu sering buka ol.akademik. Meski lumayan padat, alhamdulillah masih bisa ngikutin ritmenya, dan enjoy. Sebenernya yang bikin enjoy itu karena merasa mendapatkan lingkaran cahaya baru. Ketemu temen-temen yang sama-sama ingin belajar quran. Jujur agak rindu mentoring, apalagi sejak covid udah ga pernah lagi "ngobrol dan diskusi tatap muka" bareng temen-temen Az Zahra, karena diganti via grup wa, yang feel-nya beda banget.

Di guidelight, mentoringnya pakai googlemeet, berenam sama mentor. Tiap pekan ketemu 3 kali sepekan. 2 kali mentoring dan 1 kali sharing session. Trus seneng juga ada sistem taakhi, sama yang bukan satu kelompok mentoring. Tiap hari saling ngingetin untuk ngerjain quiz atau ngumpulin tugas, atau sharing catetan studi series.

Di pekan pertama, ada yang belum aku kerjain, bukan wajib sih, sunnah. Tapi masih ngendap di kepala, kepikiran terus meski gatahu bakal ngerjain kapan hehe. Jadi disaranin ngeshare ilmu atau hikmah, atau quotes dalam bentuk igs. Aku yang bukan anak ig, jujur berat. Buat igs itu ga semudah itu hehe. Ga susah juga sih sebenernya. Asal aku mau luangin waktu. Hmm. Let's just see. Semoga pekan ini terlaksana. Doakan juga ya~


***


Terlepas dari Guidelight ID, sebenernya ada banyak banget tempat buat cari support system biar interaksi kita dengan quran kejaga, yang gratis ada, yang berbayar ada. Programnya pun beragam. Aku pribadi ngerasa banget kebantu dengan ngikutin program-program seperti ini. Terutama karena aku punya 'banyak' waktu luang yang bisa dicuri oleh hal-hal lain yang ga bermanfaat.


Oh ya, selain quran, program belajar hal lain pun banyak. Bisa tinggal dipilih. Entah itu nulis, baca, belajar bahasa, dll. Kaya kemarin aku nemu grup telegram buat latihan speaking bahasa inggris. Sistemnya kirim vn gitu. Ada 'influencer' yang bakal ngajak kamu ngobrol. Topik ngobrolnya juga random dan santai, bahkan sekedar tanya 'how are you', atau menyapa 'good morning'.


Anyway, sebelum tulisan ini keluar dari bahasan utama, mari tutup saja. Pekan pertama bareng guidelight bagiku ibarat langkah pertama. Semoga langkah pertama ini dikukuhkan, semoga bisa istiqomah, semoga bisa menyelesaikan guidelight project dengan optimal. Aamiin.

No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya