Follow Me

Saturday, November 14, 2020

Allah Selalu Memenuhi Kebutuhanmu

Bismillah.

#SSS #NAKIndonesia

Pagi semuanya~


Mau kasih kabar baik nih, in syaa Allah tiap pekan aku pengen aktif ikutan SSS di NAK Indonesia. Tiap sabtu, nonton video ustadz Nouman dan share hasil catetan atau insight dari video tersebut. Oh ya, mohon doanya ya, semoga bisa istiqomah.


Oh ya, karena ini hari sabtu, tiba-tiba jadi inget sabtulis. Apa kabar ya temen-temen sabtulis? Mungkin ini pengingat dari Allah supaya menjalin komunikasi dan silaturahim. 


***



Jadi Ustadz Nouman menjelaskan makna dari QS Ar Rahman ayat 29.


يَسْـَٔلُهُۥ مَن فِى ٱلسَّمَـٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضِ ۚ كُلَّ يَوْمٍ هُوَ فِى شَأْنٍۢ


Semua yang ada di langit dan bumi selalu meminta kepada-Nya. Setiap waktu Dia dalam kesibukan. [Surat Ar-Rahman (55) ayat 29]


Dijelaskan bahwa dalam bahasa Arab ada dua makna dari sual (سُؤَال) -- akar kata dari yas-alu (يَسْـَٔلُ). Yang pertama meminta secara sadar, yang kedua adalah membutuhkan.


Itulah mengapa disebutkan dalam ayat tersebut semua yang ada di langit dan bumi selalu meminta kepada Allah. Karena setiap makhluk, bergantung dan membutuhkan Allah. Baik itu yang beriman maupun yang tidak beriman. Tidak ada yang tidak membutuhkannya.


Mata kita yang masih diizinkan untuk bangun pagi ini, oksigen yang masuk ke paru-paru kita, darah yang mengalir di dalam tubuh kita. Matahari yang terbit, atau hujan yang turun, semua itu terjadi atas izinNya.


Kita seringkali lupa, bahwa ada begitu banyak nikmat yang Allah beri. Allah Ar Rahman-lah yang terus menghujani kita dengan nikmatNya. Bahkan meski kita berkali-kali menjauh dariNya, bermaksiat kepadaNya, Allah tetap memberikan begitu banyak hal-hal yang kita butuhkan. Things we take for granted. Kita biasanya baru menyadarinya jika sedikit saja nikmat tersebut diambil. Kita baru menyadari betapa besar nikmat sehat, saat sakit menjangkit. Rasanya, hari-hari bersama covid yang sudah cukup lama ini, seharusnya mengajarkan kita, sedikit, tentang betapa kita membutuhkanNya. Betapa kita begitu lemah, ketika diuji dengan makluk yang begitu kecil. 


Ustadz Nouman juga menjelaskan, bahwa ayat ini sebenarnya bukan ayat peringatan. Tapi ayat yang menjelaskan Kebesaran-Nya, ayat yang menunjukkan sifat Ar-Rahman-Nya. Di akhir ayat, disebutkan ( كُلَّ يَوْمٍ هُوَ فِى شَأْنٍ), maknanya, begitu banyak makhluk yang membutuhkan dan meminta padaNya, dan Allah dapat mendengar dan memberikan kebutuhan mereka semua.


Berbeda dengan manusia yang memiliki dimensi waktu dan tempat yang terbatas. Meski telinga kita dua dan kita bisa multitasking, tetap saja kita tidak bisa menjawab permintaan banyak orang dalam satu waktu. Sehebat apapun dokter, ia hanya bisa menangani jumlah pasien yang terbatas. Jika seorang pengajar memiliki 50 murid, dan memberi mereka waktu 5 menit setiap orang untuk menjawab pertanyaan mereka. Ia perlu menghabiskan waktu 250 menit (4 jam lebih).


Ustadz Nouman menjelaskan, kata sya'an merupakan amr. Yang artinya hal itu tidak bisa diwakilkan. Hanya bisa dilakukan oleh Allah. Hanya Allah. Tidak ada yang bisa melakukannya kecuali Allah.


Terakhir, izinkan aku mengutip paragraf penutup dari video tersebut.


This called (شَأْن). There are things that Allah does, that only Allah can do, nobody else can do it. Nobody else can do it.


And when you realized that is what Allah is doing for you all the time, you will forget one silly question, that shaitan brings into your heart, and brings into mine.


"Where was Allah when I needed Him?"

"Where was Allah when I was having this problem?"

"Why didn't He helped me at this?"


People ask this question, don't they? This question even comes in your head sometimes.


"Where was Allah?"


And Allah's answer is, "I've always been there."


"And I'm taking care of your tongue, as you get to say that."


How do you think the voice comes out of your voice box?

How's the air come out of your mouth so you question Allah?

He give you the strength to do that. This is (كُلَّ يَوْمٍ هُوَ فِى شَأْنٍۢ).


- Nouman Ali Khan


***


Semoga Allah menjadikan kita termasuk hamba-hambaNya bersyukur.


Semoga saat kita bertanya-tanya dimana Allah, kita teringat ayat ini, kemudian hati kita bergetar dan merasa tenang. Karena kita tahu, Allah selalu ada bersama kita. Karena kita tahu, Allah itu dekat. Kita saja yang terkadang menjauh. Maka saat mengingat itu, semoga Allah memberikan kita hidayah dan kekuatan untuk melangkah mendekat padaNya, mengambil wudhu dan shalat, atau membuka Quran dan membaca ayat-ayat cinta dariNya.


Allahua'lam bishowab.


***


PS: Menulis ini, dan berbicara tentang semua hal terjadi atas izin Allah. Ustadz Nouman menyebutkan ayat tentang tidak ada daun yang jatuh kecuali atas izinnya. Aku teringat ayat dan hadits lain yang juga tentang izin-Nya. Surat At taghabun, tentang semua musibah yang terjadi atas izinNya. Surat Al Kahfi, disunnahkan untuk mengucapkan in syaa Allah jika berencana melakukan sesuatu di waktu mendatang, serta bagaimana kalau misal lupa ga ngucapin. Doa yang diajarkanNya. Satu lagi hadits yang menjelaskan RahmatNya pada manusia, saat laut meminta izin menenggelamkan manusia, bumi meminta izin untuk menelan manusia, karena kerusakan dan maksiat yang manusia lakukan TT dan jawaban Allah TT

No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya