Follow Me

Friday, December 11, 2020

Kesalahan Persepsi yang Fatal

Bismillah.


Mari baca sejenak QS Yasin ayat 41-44, beserta artinya.


Di ayat 41. Kita akan tahu ayat yang Allah sajikan, tentang laut yang ditundukan, agar kapal bisa 'berenang' di atasnya.

Ayat 42 membuat kita sadar, bahwa semua kendaraan yang sekarang ada, ang kita guakan dan manfaatkan untuk pergi berkelana dari satu pijakan ke pijakan bumi lain, juga adalah ciptaan.

Lalu ayat 43 dan 44.

(وَاِنْ نَّشَأْ نُغْرِقْهُمْ فَلَا صَرِيْخَ لَهُمْ وَلَاهُمْ يُنْقَذُوْنَۙ)

"Dan jika Kami menghendaki, Kami tenggelamkan mereka. Maka tidak ada penolong bagi mereka dan tidak (pula) mereka diselamatkan,"

(اِلَّا رَحْمَةً مِّنَّا وَمَتَاعًا اِلٰى حِيْنٍ)

"melainkan (Kami selamatkan mereka) karena rahmat yang besar dari Kami dan untuk memberikan kesenangan hidup sampai waktu tertentu."

Di dua ayat ini, kita harus hati-hati. Karena jika persepsinya salah, maknanya akan jauh berbeda.

Ustadz Nouman menjelaskan ayat ini, agar kita tidak salah persepsi. Bukan kapal berlayar, kemudian Allah menenggelamkannya. Bukan pesawat mengudara, kemudian Allah menjadikannya jatuh. Subhanallah, Maha Suci Allah.

Maknanya justru sebaliknya. Defaultnya kapal itu tenggelam. Namun Allah menundukkan lautan yang bergejolak. Defaultnya pesawat itu tidak bisa mengudara, atau bisa terbang, namun sekejap rusak dan jatuh.

Yang membuat pesawat bisa terbang, aman dari bandara keberangkatan sampai tujuan, adalah karena Ar Rahman. Allah tundukkan angin, Allah tudukkan awan, Allah tundukkan badai dan petir.

***

Ada kesalahan persepsi yang fatal. Yang jika kita perbaiki, maka pandangan kita terhadap hidup akan berubah total.

Bagaimana agar kita tidak salah persepsi? Bacalah quran dan pelajari isinya. Banyak berdoa juga ^^

Agar saat membaca QS Yasin ayat 47, tentang sangkalan orang-orang kafir terhadap perintah berinfak, kita dapat menemukan jawaban yang membenarkan persepsi yang salah tersebut.

Mereka berkata, "Apakah pantas kami memberi makan kepada orang-orang, yang jika Allah menghendaki, Dia akan memberinya makan?"

Membaca perkataan mereka membuat kita teringat firman Allah di ayat lain,

QS. At Tagabun (64) : 16

(فَاتَّقُوا اللّٰهَ مَا اسْتَطَعْتُمْ وَاسْمَعُوْا وَاَطِيْعُوْا وَاَنْفِقُوْا خَيْرًا لِّاَنْفُسِكُمْۗ وَمَنْ يُّوْقَ شُحَّ نَفْسِهٖ فَاُولٰۤىِٕكَ هُمُ الْمُفْلِحُوْنَ)

Ketakwaan kita kepada Allah, kita mendengarkan ayat-ayatNya, taat kepadaNya, dan berinfak, semua itu untuk kebaikan kita.

Semoga kita termasuk dari orang-oran yang Allah jaga dari kekikiran, semoga kita termasuk orang-orang yang beruntung. Aamiin.

Allahua'lam.

#GuidelightID #MyFirstGuidance #ShareTheLight #LightSeekers3.0 #SharingSessionWeek4 #Maryam #QuranSuratYasin



No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya