Follow Me

Tuesday, December 1, 2020

Tentang Hikmah

Bismillah.

QS. Ya Sin (36) : 2

(وَالْقُرْاٰنِ الْحَكِيْمِۙ)

Demi Al-Qur'an yang penuh hikmah.

🌿🌿🌿

Allah menjadikan Al Quran sebagai bukti bahwa Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wasalam adalah salah seorang dari utusan-Nya. Al Quran yang hakim, yang di dalamnya terdapat kebijaksanaan, terdapat hukum, dan tersusun dengan sempurna adalah bukti bahwa Nabi Muhammad adalah Rasulullah. Karena sifat “hakim” yang dimiliki quran, menunjukkan bahwa ayat-ayat tersebut tidak mungkin buatan manusia.

Saat itu kondisinya, semua orang mendustakan Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wasalam. Beliau (shalallahu’alaihi wasalam) dicap orang gila, pendusta, penyihir, dan berbagai julukan yang tidak pantas.

Bayangkan jika satu kampung mengatakan bahwa kita orang gila. Bagaimana perasaan kita? Kita mungkin jadi ikut bertanya-tanya, apakah aku orang gila?

Saat itulah ayat tersebut Allah turunkan, untuk meyakinkan dan menghibur Rasulullah. Salah satu hikmah Al Quran diturunkan adalah sebagai penguat dan penghibur hati manusia.

Pernahkah kamu bersedih, karena kegagalan? Lalu saat membaca ayat-Nya, bahwa sesuatu yang tidak kita sukai mungkin baik bagi kita, hati kita menjadi tenang.

Pernahkah kamu marah dan kecewa, karena hasil yang didapat tidak sebanding dengan usaha? Lalu ayat-Nya perasaan tersebut reda, karena Allah mengetahui dan menghitung tiap usaha kita. Semua orang hanya melihat hasil akhir, tapi Allah melihat prosesnya, Allah tahu tiap langkah, tiap jatuh bangkit perjuanganmu.

Semoga kita selalu dekat dengan Quran, dan menemukan banyak hikmah di dalamnya.

#GuidelightID #MyFirstGuidance #ShareTheLight #LightSeekers3.0 #SharingSessionWeek1 #Maryam #QuranSuratYasin

Allahua'lam.




No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya