Follow Me

Sunday, December 27, 2020

Tidak Ada Kezhaliman

Bismillah.


"Tidak ada kezhaliman?" ucapmu dengan mata berkaca-kaca, karena setiap matamu memandang sekitar kezhaliman begitu mudah kau temukan.

"Ya, pada hari itu, Allah berjanji tidak ada kezhaliman pada tiap jiwa." jawabku.

Tiupan sangkakala memang menghancurkan langit dan bumi. Mematikan semua makhluk-Nya. Tapi setelah itu, keadilannya ditegakkan.

Tiupan sangkakala berikutnya, manusia ibarat biji yang tadinya mati, kemudian hidup kembali. Berkumpul.

Dan Allah berfirman, QS. Ya Sin (36) : 54

(فَالْيَوْمَ لَا تُظْلَمُ نَفْسٌ شَيْـًٔا وَّلَا تُجْزَوْنَ اِلَّا مَا كُنْتُمْ تَعْمَلُوْنَ)

"Maka pada hari itu seseorang tidak akan dirugikan sedikit pun dan kamu tidak akan diberi balasan, kecuali sesuai dengan apa yang telah kamu kerjakan."

Ada dua khitob di ayat ini. Satu kalimat, tapi bagian pertamanya ditujukan untuk orang-orang mu'min, sedangkan bagian kedua untuk orang kafir.

Di dunia, kita akan menemui banyak kezhaliman terutama bagi orang-orang yang berusaha berpegang teguh pada imannya. Kezhaliman tersebut berulang, tidak hanya terjadi hari ini, pada orang mukmin hari ini, tapi juga orang beriman di masa lalu.

Kita membaca kezhaliman ashabul qoryah di surat Yasin, atau kezhaliman ashabul ukhdud di surat Buruj. Sunnatullah tersebut berulang, bentuk ujian keimanan. Ujian untuk tahu, mana yang amalnya 'terbaik'.

Keadilan memang baru akan sempurna ditegakkan olehNya pada hari itu, tapi bukan berarti kita diam. Ada ikhtiar dan doa yang bisa kita lakukan. Buatlah perubahan, agar kebenaran menang, dan kezhaliman kalah. Jika perubahan besar terlalu sulit, lakukan perubahan kecil dulu, dari dirimu, dari sekarang.

Semoga pada hari itu, Allah masukkan kita ke dalam orang-orang mukmin, yang diizinkan memasuki jannahNya, yang diberikan kenikmatan mendengar salam dari-Nya dan memandang wajahNya. Aamiin.

#GuidelightID #MyFirstGuidance #ShareTheLight #LightSeekers3.0 #SharingSessionWeek6 #Maryam #QuranSuratYasin

Allahua'lam.




No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya