Follow Me

Wednesday, December 30, 2020

Makna Menyembah Setan

Bismillah.


QS. Ya Sin (36) : 60

(اَلَمْ اَعْهَدْ اِلَيْكُمْ يٰبَنِيْٓ اٰدَمَ اَنْ لَّا تَعْبُدُوا الشَّيْطٰنَۚ اِنَّهٗ لَكُمْ عَدُوٌّ مُّبِيْنٌ)

Bukankah Aku telah memerintahkan kepadamu wahai anak cucu Adam agar kamu tidak menyembah setan? Sungguh, setan itu musuh yang nyata bagi kamu

🌿🌿🌿


Banyak yang mengira, menyembah setan artinya melakukan ritual sembahyang pada setan. Padahal tidak begitu. Bisa jadi seseorang tidak ruku' dan tidak bersujud pada setan, tapi ia sejatinya masih menyembah setan.

Makna menyembah setan adalah mematuhinya, mengikuti ajakannya untuk melakukan hal-hal buruk dan bermaksiat kepada Allah.

Menyembah setan juga bermakna memilih mengikuti hawa nafsu dan mengabaikan ayat-ayatNya.

Allah memerintahkan kita untuk shalat, namun setan mengajak kita untuk menundanya dan meninggalkannya. Setan mengajak kita untuk tenggelam dalam dunia, sampai kita lupa dan lalai menjalankan kewajiban kita sebagai hamba Allah.

Allah memerintahkan kita untuk menjauhi zina, namun setan mengajak kita untuk main-main di batasan tersebut. Ia berbisik, tidak mengapa, cuma kerlingan mata, cuma satu kalimat candaan di forum maya berdua.

Allah memerintahkan kita untuk bersabar, namun setan mengajak kita untuk melampiaskan amarah. Kenapa harus diam, toh semua orang mengucapkan kata-kata kasar itu. Bukan hal buruk, semua orang melakukannya.

Menyembah setan maknanya mengikuti ajakannya, mematuhi was-wasnya, membuang rasa bersalah agar bisa bernyaman dengan dosa, tenggelam dalam tipuan dunia yang menyilaukan.

🌿🌿🌿

QS. Ya Sin (36) : 61

(وَاَنِ اعْبُدُوْنِيْ ۗهٰذَا صِرَاطٌ مُّسْتَقِيْمٌ)

"dan hendaklah kamu menyembah-Ku. Inilah jalan yang lurus.”

Semoga kita tidak termasuk golongan manusia yang menyembah setan.

Mari hayati tiap ayat al fathihah dalam shalat kita. Bahwa kita, hanya menyembah Allah dan meminta pertolongan-Nya. Bahwa kita, benar-benar meminta agar diberi petunjuk ke jalan yang lurus.

Ihdinashshirathal mustaqim. Ihdinashshirathal mustaqim. Ihdinashshirathal mustaqim.

#GuidelightID #MyFirstGuidance #ShareTheLight #LightSeekers3.0 #SharingSessionWeek7 #Maryam #QuranSuratYasin




Allahua'lam. 

No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya