Follow Me

Wednesday, June 7, 2017

Resume Month of Forgiveness Bag. 4

Bismillah.

Baca bag 1 | bag 2 | bag 3

***

Huda linnass... wa bayyinatil minal hudaa wal furqan.

Dan terdapat di dalamnya multiple proof, clear evidence from guidance and distunguished between right or wrong. Di dalamnya terdapat bukti-bukti, petunjuk dan furqan (pembeda antara yang haq dan yang bathil).

wa bayyinatil minal hudaa wal furqaan. Maksudnya, kalau kita baca dan perhatiin Al Auran. Kita bisa ngerti, kalau kitab ini, buku ini ga mungkin buatan manusia..

Albaqarah ayat 185, sejauh ini baru bahas tentang al quran. Padahal awalnya tentang apa? Syahru ramadhan, bulan Ramadhan. Tapi tiga frase setelahnya tentang Quran (1) alladzi unzila fi hil quran (2) huda linnas (3) wa bayyinatil minal hudaa wal furqan. Di sini kita bener-bener diingetin lagi kalau Ramadhan itu bulan Quran. Artinya bulan Ramadhan ini kita harus menaikkan interaksi kita dengan al Quran, baik dengan tilawah, ngafal, ikut kajian tafsir, dll. 

Kalimat selanjutnya di ayat 185 adalah tentang apa yang harus kita lakukan untuk mengganti hari-hari puasa di ramadhan yang terlewat karen a sakit, perjalanan, haid, dll.
Wamankaana maridhan au 'ala safarin ; Barangsiapa yang sakit atau dalam perjalanan
Fa'iddatummin ayyamin ukhar ; Hendaklah dia menggantinya dengan berpuasa di hari yang lain. 

Pilihannya cuma satu, mengganti dengan puasa. Ga ada pilihan kedua seperti di ayat 184 (baca resume bag.3). Tapi nanti detail tentang itu di bahas di hadits. Tentang siapa yang boleh bayar fidyah. Di sini.. kita mulai ngerasa kalau puasa ramadhan itu berat.

1. Puasa 30 hari, yang sebelumnya puasa cuma kurang dari 10 hari
2. Kalau sakit/safar harus ganti dengan puasa di hari lain. Yang sebelumnya boleh milih ganti dengan puasa/kasih makan orang miskin

Dan tepat setelah ayat ini.. Allah berfirman..  yuridullahu bikumul yusr wa laa yuriduu bikumul 'usr
Allah wants ease for you

Ketika kita mikir, kalau syariat Ramadhan lebih sulit daripada syariat puasa ummat terdahulu saat itu juga Allah meyakinkan kita, bahwa Allah ingin memberikan kemudahan untuk kita dan tidak ingin menjadikan kita kesulitan.
Aneh dan awalnya ga masuk akal, bagaimana 30 hari puasa lebih mudah dari pada 9 hari puasa? Tapi nyatanya gitu. Ramadhan adalah waktu termudah buat kita puasa selama 1 bulan. Kata Ustadz Nouman, 3 hari puasa di bulan-bulan lain rasanya lebih berat daripada 30 hari puasa di bulan Ramadhan. Cek resume bagian kedua yang menyatakan bahwa sifat pelatihan itu mudah, beserta contoh pelatihan pemadan kebakaran.

Habis jelasin tentang Allah wants ease for you, Ustadz Nouman nambahin beberapa hal terkait analogi Ramadhan sebagai training untuk hati kita menjadi kuat. Jadi semakin lama latihan, akan semakin kerasa kan efeknya? Ibarat latihan puasa, artinya membiasakan hati kita mengontrol tubuh kita selama 30 hari. Sudah jadi habbit, kita shalat malam di Ramadhan. Sudah jadi habbit kita tilawah, ngafal Quran beberapa jam di bulan Ramadhan. Kalau sudah jadi habbit, harusnya jadi lebih mudah.
Nah setelah ramadhan yang ibarat training. Kita dapet sertifikat tuh hehe. Telah lulus training Ramadhan 1437H kemarin misalnya.. setelah itu ada perayaan. People congratulate you. Ied mubarak.. yeaay.. Sekarang saatnya kita beneran ke medan perang dan melawan setan.
Tapi tahukah? Meski sudah bukan bulan Ramadhan.. apa yang telah ada di hati kita yang ga boleh kita lepas? Al quran. Al Quran adalah senjata utama kita melawan setan. Itulah mengapa Allah meminta kita mengucap ta'awudz saat membaca Quran. Cek An Nahl ayat 98.
"You will come out of Ramadhan stronger, because you will have more Quran in your heart" - Nouman Ali Khan
Setelah ini.. Ustadz Nouman nyentil kita untuk ngafal quran.
You have to memorize Quran in Ramadhan. If you've been lazy, stop it! Get start! I don't care if you do two ayat, I don't care if you do two pages, set your goal high!
- Nouman Ali Khan
Ustadz Nouman ngingetin kita untk buat target menghafal yg tinggi.
"Aim high. Say I'm gonna memorize the whole juz this month. I'm gonna memorize 20 pages, I'm gonna memorize 10 pages this month. I'm gonna memorize 10 pages this month. I'm gonna memorize the entire juz amma or something" - Nouman Ali Khan 
Karena dengan menghafal.. kita akan membaca ayat-ayat dalam Al Quran satu, dua, tiga hingga berkali-kali. Dan setiap membacanya, setiap huruf akan mendapatkan pahala yang dilipatgandakan di Bulan Suci ini.

Bersambung...

Allahua'lam.

#RamadhanInspiratif #Challange #Aksara

Resume bagian 5 | bagian 6

***

Tambahan catetan salah satu anggota grup NAK Indonesia yang waktu itu menambahkan, dari +62 81x-xxx-348
Action plan Ramadhan:
1. Stop the damage, TV, twitter, youtube dll aktivitas yang kurang produktif di hilangkan.
2. Harus punya target hafal in Al Qur’an, bisa dengan dengerin Mp3, kita tiru sampai benar dan ulangi 10 kali.
3. Hafalin do'a do'a, ustadz NAK bilang 20 do'a. Masuk keluar rumah, dll.
4. Ajak anak dan keluarga untuk ibadah, ajak bukan hanya nyuruh
5. Sederhana dalam makanan jangan berlebihan
6. Usahakan pahami Al Qur’an dengan baca tafsir.
7. Sholat subuh dan isya jangan sampai terlewat, harus jamaah. Karena orang yang menjalankan keduanya seperti orang yang sholat sepanjang malam.

No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya