Follow Me

Monday, June 12, 2017

Pengingat untuk Diri

Bismillah.
-Muhasabah Diri-

Untukku.. yang akhir-akhir ini lupa bagaimana menjadi positif.


Harusnya menjadi people of Alhamdulillah, kita ga pernah ngalamin yang namanya stress. Harusnya ga pesimis, harusnya ga mikir hal-hal negatif mulu.

***

Cuma akan menulis beberapa hal saja, di sarankan nonton videonya aja kalau mau lengkapnya.


Pertama, tentang shalat jumat, dan perintah Allah di hari jumat untuk memperbanyak dzikir. Cek surat Al Jumuah ya Bell.. ayat berapa di cek. Hehe. Jadi bisa jadi.. kalau jumatan itu isi khutbahnya bukan informasi baru, tapi hal-hal lama yang perlu kita ingat lagi. Karena sesungguhnya pengingat itu penting dan bermanfaat banget untuk orang yang beriman (Adz Dzariyat ayat 56).

Sampai di sini, aku diingatkan, untuk banyak bergaul sama orang-orang shalih, yang setiap laku-nya bisa jadi pengingat, diingatkan untuk banyak baca buku-buku, dateng ke majelis dzikir, nonton video ceramah, dll. Termasuk juga menulis, karena bagiku, menulis memaksaku mengingat dan mencerna informasi atau pengalaman yang dulu pernah kita dapat.

Kedua, tentang 3 ayat yang jadi pengingat kita, tentang Allah. Tiga ayat pertama dalam Al Quran. Al fathihah ayat 1-3 (di sini, alhamdulillah termasuk ayat pertama). Ini penjelasannya panjang lebar. Aku tulis beberapa aja ya.

Makna Alhamdulillah. Diingatkan lagi, kalau kita seharusnya the people of Alhamdulillah, yang selalu positif. Makna Alhamdulillah yang mencakup pujian dan rasa terimakasih, praise and gratitude. Dua hal yang digabungkan, yang membuat Alhamdulillah hanya bisa berlaku untuk Allah. Lanjut setelah alhamdulillah, ada kata rabbal 'alamin. Di sini diingetin lagi, bahwa Allah itu lord, sedangkan kita slave. Jadi ketika kita menerima islam, harusnya ga ada lagi kata "semau gue" TT ah. itu bell.. diingetin. Trus juga, bahwa ga ada Rabb yang seperti Allah, yang berhak praise dan gratitude, yang orang-orang bebas mau beriman atau tidak, yang orang-orang memilih untuk menjadi hamba-Nya.

Makna Ar Rahman Ar rahim. Ayat setelah alhamdulillah. Kata ustadz Nouman, yang buat terjemahan Quran itu kurang karena tidak ada bahasa lain yang bisa sepenuhnya mewakili kata ar rahman ar rahim dalam dua kata. Bagaimana dua kata ar rahman dan ar rahim saling melengkapi. Betapa extreme kasih sayang Allah saat ini, detik ini, diwakili dengan Ar rahman. Dan kasih sayang Allah di masa depan, sampai di akhirat kelak diwakili dengan kata Ar rahim.

Ayat selanjutnya, yang memutus perlakuan orang-orang yang menyalahgunakan kata Ar rahman Arrahim. Maliki yaumiddin. Bahwa semua yang kita lakukan, akan diminta pertanggung jawabannya. TT

***

Semoga pengingat ini bermanfaat untuk diri terutama. Semoga bisa diamalkan juga. Izinkan kuakhiri dengan doa.. Rabbana la tuzigh quluubana ba'da idz hadaitana wa hablana miladunnka rahmah. Aamiin.

Allahua'lam.

#RamadhanInspiratif #Challange #Aksara

No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya