Follow Me

Sunday, June 18, 2017

Seputar Bayi Baru Lahir

Bismillah.
#blogwalking

Memutuskan mengutip dan dijadikan tulisan blogwalking, karena tiba-tiba kangen sama Tsabita yang udah masuk bulan ke enam usianya. Salam rindu (:

***
Bedong itu memang bermanfaat, utamanya untuk membuat hangat, tapi bisa jadi overheating juga kalau terlalu lama atau salah pemakaiannya. Bedong juga bisa membuat bayi tidur lebih lama, mengurangi stress pada bayi, dan membantu regulasi gerakan motorik. Tapi, di sisi yang lain, bedong juga bisa menyebabkan hyp dysplasia atau perkembangan tidak normal dari persendian pangkal paha, bahkan dapat mengakibatkan terlepasnya tulang paha dari asetabulum tulang panggul (pelvis). Efek negatif yang lain yaitu, jika bayi ditidurkan telungkup dengan dibedong, dapat menyebabkan SIDS (Sudden Infant Death Syndrome). Untuk SIDS ini akan saya masukkan di penjelasan nomor 4. Efek lain bedong yaitu dapat meningkatkan resiko infeksi pernapasan jika terlalu kencang menggunakannya. Hasil penelitian di China dan Turki menunjukkan bahwa bayi yang menggunakan bedong memiliki resiko terkena infeksi pernapasan 4x lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak. Efek terakhir, yaitu jika bayi baru lahir langsung dibedong, dalam beberapa situasi dapat menyebabkan keterlambatan penambahan berat badan pada bayi.
Terus gimana dunk? Pertama, kalau mau membedong bayi, jangan diikat kencang-kencang atau kaki si bayi jangan dilurus-luruskan. Saat ini sudah ada bedong longgar dipasaran, itu lhoo yang pake resleting dan memang longgar. Kedua, membedong boleh saja, tapi jangan juga setiap saat dibedong anaknya, karena anak itu butuh banyak bergerak untuk melatih gerak motoriknya. Jadi, kalau saya dulu di UK, kebanyakan si kecil memang tidak dibedong, dalam beberapa kondisi aja, tapi kebanyakan memang tidak.
- Dewi Nur Aisyah, dalam tulisannya Mitos Seputar Bayi Baru Lahir: Catatan Melahiran di Inggris
....
Yang pertama, anak bayi usia kurang dari 6 bulan, sangat tidak disarankan untuk terkena matahari langsung, yang paling baik adalah dengan terkena matahari yang masuk dari jendela (jadi sinar matahari tidak langsung). Lama menjemur juga bukan 30-60 menit apalagi lebih, tapi cukup 5-15 menit setiap harinya, ga setiap hari juga gpp. Gimana kami yang si kecil  lahir di musim salju? Masa harus dijemur diluar? Hehe… Jadi sebenarnya cukup dengan matahari yang masuk dari jendela, itu pun ga perlu dibuka semua bajunya gpp. Menggunakan baju juga gpp, dan jangan menggunakan topi. Yang perlu diingat lagi, dijemurnya bukan saat matahari jam 11.00-15.00 ya, karena itu adalah harmful sun alias matahari yang berbahaya.
- Dewi Nur Aisyah, dalam tulisannya Mitos Seputar Bayi Baru Lahir: Catatan Melahiran di Inggris
 ***

Baca selengkapnya di link tersebut ya. No other comment in syaa Allah. Semoga bermanfaat.

Allahua'lam.

No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya