Follow Me

Tuesday, June 27, 2017

Jalan-jalan Blog

Bismillah.
#blogwalking
Hanya ingin mengutip beberapa tulisan dari blog lain yang aku rasa bermanfaat untukku.

***

Tentang Ruh, Syakilah, dan Tugas Kehidupan Kita - Teh Elma Fitria
Semoga Ramadhan ini kembali mengingatkan kita bahwa : pertama, hakikat dan nilai diri kita adalah pada ruh kita, bukan tubuh, pikiran, apalagi harta benda kepemilikan kita, dan kedua, sesungguhnya kita hadir di dunia ini sebagai ruh, yang kelak akan kembali kepada Allah juga sebagai ruh.

Pada saat itu, kita akan kembali dalam keadaan diridhoi Allah karena telah menunaikan tugas kehadiran di dunia ini, atau dalam keadaan tidak diridhoiNya tersebab mengabaikan tugas tersebut.

Oleh karena itu, mari kita ingat kembali bahwa Allah telah menetapkan dua tugas penciptaan manusia yaitu beribadah kepadaNya dan menjadi khalifahNya di muka bumi ini.

Dengan beribadah kita memelihara dan menjaga ruh (senantiasa sadar akan fitrahnya sebagai makhluk Allah, terjaga sifatnya yang suci dalam kecenderungan pada ketaatan, penghambaan diri, pada kebaikan, amal shaleh dan ketakwaan). Ruh yang terjaga itu akan mampu mengekspresikan potensi unik yang terkandung pada bentuk, karakteristik, atau syakilahnya dalam peran-peran kekhalifahan di tengah-tengah manusia dan alam raya ini.
Tentang Photographer's Best Friend - Doug Hickok
Backlighting may be a photographer's best friend,
especially the way it can transform and highlight a subject,
such as this overhanging branch at Charles Towne Landing. 
Tentang Kemenangan - Choqi Isyraqi
Selepas Ramadhan, kita punya waktu selama 11 bulan untuk menunjukkan bahwa kita berhasil memenangkan Ramadhan kali ini.

Kita sudah berhasil puasa sebulan penuh setiap hari, sekarang kita buktikan, bisakah kita berpuasa 2 hari sekali (puasa daud), atau minimal 2 kali seminggu (puasa senin kamis)?

Kita sudah berhasil bangun untuk sahur setiap hari, sekarang kita buktikan, bisakah kita bangun pagi untuk tahajjud?

Kita sudah berhasil salat sunnah tarawih setiap hari, sekarang kita buktikan, bisakah kita salat sunnah lainnya seperti rawatib misalnya?

Kita sudah berhasil membaca qur’an lebih banyak dari biasanya, sekarang kita buktikan, bisakah kita meningkatkan tadarus kita?

Kita sudah berhasil meningkatkan ibadah kita, sekarang kita buktikan, bisakah kita istiqomah dalam ibadah kita?
***

Pertama, diingatkan lagi, untuk memelihara ruh, diingatkan lagi tentang tujuan beribadah dan menjadi khalifah. Diingatkan lagi untuk lebih mengenal syakilah ruh diri.

Yang kedua, awalnya ngeliat foto kubah masjid di Abu Dhabi, trus liat related post-nya. Mampirlah di sana. Unik sih.. soalnya biasanya kalau orang biasa, sering menghindari backlighting, tapi kalau fotografer, justru bisa jadi teman baik ceunah hehe.

Yang ketiga, diingatkan chechlist yang harus dilakukan pasca Ramadhan. Semoga kita benar-benar termasuk orang yang menang dan berhak menikmati hari kemenangan 1 Syawal kemarin.

Sudah ya, tiga saja. Biar tidak kepanjangan. Baca lengkapnya di link-link di atas ya.

Allahua'lam.

No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya