Follow Me

Wednesday, May 24, 2017

Doa Ashabul Kahfi (-8)

Bismillah.

alkahfi
In syaa Allah saya akan berbagi hikmah yang saya ambil dari tadabbur salah satu ayat di surat Al Kahfi, ga satu ayat full sih, cuma sebagian ayat 10, doa di ayat 10 surat Al Kahfi.
Jadi surat Al Kahfi bercerita tentang pemuda yang ingin menjaga imannya dengan kondisi lingkungan yang tidak mendukung, mereka dikejar oleh pemimpin zalim #cmiiw. Dan ayat 10 ini adalah doa yang mereka panjatkan kepada Allah, doa.. yang nantinya dijawab Allah dengan ditidurkan selama kurang lebih 309 tahun. Apa doa mereka?

Ayat 10.
Rabbanaa aatinaa miladunka rahmatawwahayyi`lanaa min amrina rasyada..
Wahai Tuhan kami berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami (ini)

Betapa sederhana doa mereka, mereka minta petunjuk Allah. Dan tahukah? Ketika kita berdoa dengan Allah dengan tulus, Allah akan menjawabnya. Di halaman berikutnya, ayat 17-18, digambarkan bahwa Allah bahkan mengatur posisi tidur mereka.

Ketika mereka minta rahmah dari Allah dan meminta diberikan petunjuk, Allah berikan dalam hal yang tidak pernah mereka sangka. Hikmahnya ... perbanyak doa ke Allah. doa yang bener-bener doa. berprasangka baik padaNya, have faith that Allah will answer our prayer in the best way. Hikmah lainnya, mungkin jawaban doa Allah berbeda dengan apa yang kita inginkan, atau apa yang kita pikirkan, .. tapi ingatkan diri lagi dan lagi. Allah knows what's better for us. Allah knows what we need, and what we need sometimes not the same too what we need.

***

Allah's Plan is Better

Pernah ada saat dimana kita merasa tidak tahu apa-apa bimbang dan bingung harus bagaimana dan melakukan apa. Di saat-saat itu cobalah membaca doa yang diajarkan Allah lewat surat Al Kahfi dan pemuda Al Kahfi. Para pemuda Al kahfi tersebut juga dalam keadaan terpojok, mereka tidak tahu apa-apa selain percaya bahwa Allah adalah tuhan semesta Alam. Mereka hanya tahu, kalau pemimpin zalim yang mengaku tuhan itu bukan tuhan, dan mereka hanya tahu mereka harus melarikan diri untuk menjaga iman mereka. Sampai mereka berhenti di sebuah gua, gua.... logikanya, tinggal hitungan waktu saja untuk pemimpin zalim dan pasukannya menemukan mereka. Maka mereka meminta rahmat Allah dan petunjuk.

Ayat 10.
Rabbanaa aatinaa miladunka rahmatawwahayyi`lanaa min amrina rasyada..
Wahai Tuhan kami berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami (ini) 

Kalau mau nulis fiksi, kita bisa jadi memikirkan skenario lain untuk para pemuda kahfi. Bisa jadi kita menulis fiksi bahwa mereka berhasil keluar dari negrinya, lalu berhasil menjaga iman mereka dan berdakwah misalnya. Atau kita menulis fiksi, kalau pemuda-pemuda tersebut bisa menang melawan pemerintah dan pasukannya meski jumlah mereka hanya lima, tujuh atau sembilan, dan satu anjing yang menjaga gua. Atau skenario-skenario lain..

Tapi Allah punya rencana yang lebih indah, yang lebih baik..  Allah tidurkan mereka, Allah rawat dan pelihara fisik mereka selama tidur tiga abad, lalu Allah bangunkan mereka di saat masyarakat sudah memeluk islam. 

Tapi Allah punya rencana yang lebih indah, yang lebih baik.. Allah tidurkan mereka selama kurang lebih 3 abad, lalu Allah abadikan kisah mereka. Jika mereka Allah menangkan atau skenario fiksi lain yang saya sebut di atas, pelajaran tentang mereka mungkin hanya berhenti di masa tertentu. Tapi lihatlah.. dengan ditidurkan tiga abad, Allah abadikan kisah mereka, menjadi pelajaran untuk kaum bani Israil, meski mereka salah fokus dan malah memperdebatkan jumlah mereka. Allah juga abadikan pelajaran pemuda kahfi untuk manusia sampai akhir zaman, selama kita mau membacaa Al Quran, mentadabburinya, memikirkannya, maka akan selalu ada hikmah dan pelajaran yang kita ambil dari kisah pemuda al kahfi.

Tidak mudah memang untuk beriman bahwa rencana Allah lebih baik, tidak mudah memang untuk bisa lapang dada menerima bahwa rencana Allah lebih baik. Tapi kita harus tetap berusaha untuk menjaga iman tersebut, dengan banyak-banyak baca quran dan tadabbur, dengan ikut kajian, bertemu para shalihah.. dengan banyak-banyak berdoa.

***

Tidak Bisa Shalat, Tapi Bisa Berdoa
Hikmah lain yang juga saya tangkap dari doa pemuda kahfi di atas, adalah... mungkin ada diantara kalian yang dalam kondisi tidak bisa shalat tapi sangat membutuhkan berkomunikasi dengan Allah, doa adalah caranya.

Mungkin kalian seperti saya, atau perempuan lain yang sedang berhalangan, dan memang belum bisa shalat. Mungkin juga kalian seperti para pemuda kahfi yang belum tahu bagaimana cara shalat, orang-orang yang baru sadar kalau Allah itu tuhan yang haqq, tapi belum belajar cara shalat, atau bahkan muslim yang sudah begitu lama tidak shalat, sampai lupa rukun atau bacaan-bacaan shalat. Saat itu.. saat kita tidak bisa shalat tapi benar-benar butuh berkomunikasi dengan Allah.., berdoalah. Mungkin kita ga bisa shalat, tapi kita masih bisa berdoa kepada Allah.

Ayat 10.
Rabbanaa aatinaa miladunka rahmatawwahayyi`lanaa min amrina rasyada..
Wahai Tuhan kami berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami (ini) 

Coba berdoalah angkat sejenak tanganmu, lebih baik lagi kalau menghadap kiblat, berdoalah. Allah heard you. Allah always hears you. Berdoalah.. 

Jangan biarkan kondisi sementara kita ga bisa shalat, menghalangi kita mendekat pada Allah. Allah knows better, and He gives us answer.

Buat sesama perempuan, mungkin kita sama-sama paham kadang "masa-masa itu" masa-masa paling nyebelin, hormone yang tambah memicu jadi lebih sensitif, belum lagi tidak bisa shalat, aaa.. kadang suka sebel. Tapi kalau kata ibu saya, ga boleh sebel sama takdir dan fitrah hehe. Memang tidak nyaman dan tidak enak, tapi kan Allah lebih tahu hal tersebut. Yang sedang ga shalat, masih ada ibadah lain yang bisa dilakukan, dengerin muratal, doa, dzikir, baca buku, dengerin video ceramah, dll. Trus.. inget juga, pada saat kita sementara ga shalat, kalau kita sudah terbiasa shalat lima waktu, mengerjakan sunnah A, B yang ga bisa dilakukan saat ga shalat, Allah akan menghitung pahalanya juga. #cmiiw

***

Alhamdulillah selesai, semoga bermanfaat. Mohon koreksi kalau ada yang salah. Ini semata2 karena saya kurang ilmu, jadi kalau ada yang salah wajib diingetin biar bisa diedit. Maaf kalau tulisannya panjang dan alurnya ga jelas. Ada campuran bahasa inggris pula. Tapi semoga dengan segala kekurangan diri dan tulisan ini, masih ada hikmah yang bisa diambil oleh pembaca.

Selamat mempersiapkan ramadhan, selamat memperbanyak interaksi dengan al quran. Semangat menulis.

Allahua'lam.

***

PS: OOT. Reminder untuk yang mau ikutan MyFavoriteAyat. 2 Hari lagi. Cuma 300 ayat kok.. Eh, satu ayat favorit kok, minimal 300 kata hehe.. 

No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya