Follow Me

Sunday, May 28, 2017

Metamorforsis Jadwal di Bulan Ramadhan (-4)

Bismillah.

Refleksi Ramadhan #1


calendar icon
"Ayo bangun," ucap Ibu sambil menggoyangkan badan Doni. Doni yang sedang duduk setengah sadar terpaksa mengumpulkan kesadarannya.

"Bentar lagi imsak," ujar Ibu sembari menyodorka sepiring nasi.

"Iya bu, kan sahur sunnahnya di akhir waktu," balas Doni dengan cengiran di wajahnya.


***



Ramadhan 1436H menyapa kita di hari Rabu ba'da magrib. Bulan Alquran ini hadir mengisi hari-hari kita, mengubah jadwal keseharian kita.

Jadwal yang pertama berubah adalah alokasi waktu ba'da isya. Sebelum Ramadhan di sisi, ba'da isya adalah waktu kita belajar misalnya, atau tilawah, internetan, nulis, dll. Namun saat Ramadhan, ba'da isya adalah waktu yang kita luangkan berada di masjid. Ya, kini jadwal ba'da isya kita diisi dengan mendengar tausyiah, tilawah dan tentu saja shalat tarawih.

Jadwal kedua yang berubah adalah jam bangun kita. Memang ada sebagian orang yang sudah terbiasa bangun di sepertiga malam, namun banyak yang belum terbiasa. Bulan Ramadhan menjadi momen kita mengingat dan membiasakan lagi bangun di sepertiga terakhir malam. Ada yang saat bangun kemudian shalat, atau masak, atau langsung mantengin TV. Namun satu yang pasti, mereka menyantap sarapan untuk hari itu, baik berupa nasi, roti, maupun hanya seteguk air.

Jadwal makan di bulan Ramadhan pun ikut berubah, yang tadinya tiga kali menjadi dua kali. Yang tadinya pagi, siang, sore, menjadi sebelum shubuh dan setelah magrib.

Pertanyaannya, -terutama untuk diri- apakah jadwal lain yang berubah selain jadwal-jadwal di atas? Apakah jadwal kita berinteraksi dengan Alquran berubah? Makin intensif? Atau masih sama?

Syahru ramadhan alladzi unzila fihil quran huda linnas wa bayyinatimminal huda wal furqan...
Silahkan cek surat Albaqarah 185, betapa unik. Ayat yang diawali dengan frase "Syahru ramadhan" atau dalam bahasa Indonesia "Bulan Ramadhan", diikuti dengan penjelasan tentang Alquran. Betapa Allah ingin mengingatkan kita, bahwa Ramadhan adalah momen kita harus meningkatkan kualitas dan kuantitas berinteraksi dengan Alquran.

Semoga kita semua dapat memanfaatkan tiap detik di Bulan Ramadhan dengan amal shalih. Dan semoga setiap amal kita diterima Allah.

Allahua'lam bishowab.

***

PS: Ditulis 22 Juni 2015; dari akun facebook khusus ramadhan~ salah satu projeknya Kompilasi.

No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya