Follow Me

Thursday, December 13, 2018

Siapa Kamu?

Bismillah.
-Muhasabah Diri-
#selftalk

Siapa kamu? Mau nulis tentang A... memangnya kamu benar paham? Benar mengerti? Memangnya kamu sudah baik?

Siapa kamu?

Pertanyaan itu selalu hadir setiap kali aku hendak menulis, atau mempublish tulisan. Terutama jika tulisannya tentang opini, atau hal yang perlu ilmu untuk membahasnya. Maka aku sering menahan jemariku. Pertanyaan itu selalu bisa membuatku berhenti menulis, atau berhenti dan tidak jadi menekan button publish.


***

Siapa kamu?

Aku... aku hanya seseorang yang sedang belajar, dan aku suka menulis. Jadi dalam proses pembelajaranku, aku ingin menuliskannya, meski pengetahuanku tentangnya belum sempurna, masih di permukaan. 

Siapa kamu?

Aku... aku hanya seorang pendosa yang berusaha bertaubat, dan aku suka menulis. Maka dalam perjalananku kembali padaNya, meminta ampun akan dosaku, aku menuliskannya, pengingat dan nasihat-nasihat yang baik untuk hati. Bukan untuk mengingatkan orang lain, tapi justru untukku yang masih tertatih menelusuri jalan menuju padaNya. Masih sering salah belok, masih sering tersandung dan jatuh. Semoga tidak menyerah untuk terus kembali bangun dan berjalan lagi mendekat padaNya, semoga kelak dimatikan diantara orang-orang yang taat. 

***

Siapa kamu?

Bukan siapa-siapa. Cuma seorang hamba biasa, yang Allah takdirkan suka menulis. Maka izinkan aku membiasakan setiap tulisanku diawali dengan menyebut asma-Nya. Dan diakhiri dengan kata, bahwa Allah Lebih Tahu, Lebih Berilmu, dan tulisanku penuh kekurangan dan kesalahan. 

Allahua'lam.

No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya