Follow Me

Friday, December 14, 2018

Foto, Facebook, dan "Diam"-ku

Bismillah.

Cuma bercerita tentang diri. Silahkan skip aja, baca blog lain aja hehe.

***


Sejak menghilang dari peredaran, fungsi sosmed, termasuk Facebook cuma buat scrolling aja, kadang share, tapi jarang banget. Menebar like aja, tapi menahan jemari untuk komentar.

Dulu pernah, EMC kalau ga salah. Sama, tugasnya harusnya di share di fb. Tapi saat itu mungkin aku masih cenderung ke introvert, jadi deh milih untuk bandel dan ga share di fb. Tentang perjalanan nulis, dan isi tulisannya memang banya cerita detail masa lalu.

Kemarin, waktu ada tugas dari KMO, sebenarnya aku ragu. Pertama, aku harus aktif di facebook. Posting ikrar bro.. beraaat. Kedua, di syarat ikrarnya, harus ada foto. Kalau aku lagi mode introvert mungkin aku akan mundur teratur saja. Tapi mungkin karena sedang mode ekstrovert, atau memang beginilah takdirnya, jadi Allah menggerakkan hatiku.

Proses nulis ikrarnya cepat. Tapi milih foto, edit-editnya lama. hehe. Sempat mau naruh pp fb aja, trus foto diri, tapi bagian wajahnya di tutup, dan akhirnya foto siluet aja, kasih label nama. Entahlah dihitung memenuhi syarat atau ga. Yang jelas, aku sudah publish.

***

Tentang foto.. ini juga yang buat aku ragu gabung sebuah komunitas. Namanya Buka Buku, penggagasnya Pak Nassirun Purwokartun, yang dulu membimbing di Kompilasi. Seneng padahal, doaku kaya terjawab. Beberapa kali di blog ini aku menyebutkan, butuh komunitas kaya aksara, yang ngajak baca tulis dan diskusi. Butuh baca sharing bacaan dari orang lain. Agar pembaca pemilih dan lambat seperti aku, bisa ambil pelajaran juga dari buku yang dibaca orang lain.

Tapi kalau liat akun sosmednya Buka Buku, aku minder. Ah, foto. Asumsiku, semua anggotanya wajib kirim foto wajah plus buku yang sedang dibaca. Ada yang cadaran juga anggotanya. Tapi aku, dan foto itu... ada hal kecil yang ingin aku jaga, meski kadang satu dua kali lalai. Aku akhirnya cuma jadi penikmat saja, follow sosmednya. Kadang berusaha menghibur diri, gapapa bell.. toh kalaupun ikut ga mesti bisa hadir di forumnya.

***

Foto, Facebook dan diamku. KMO berhasil membuka diamku di facebook, untuk foto.. masih bisa diakali, entah dimaklumi atau ga sama panitia. Semoga effort-ku kebaca. Agak aneh soalnya kalau aku panjang lebar menjelaskan tentang diri, tentang foto. Aku cuma satu dari ratusan peserta lain.

Yang penting, satu hal ini, semoga bisa menjadi langkah agar aku berani meningkatkan kualitas menulis. Dari nulis asal, ga jelas, di sini. Ke nulis rapi, dibukukan. Aamiin.

Allahua'lam.

***

PS: Karena KMO juga, aku jadi buat email dan akun ig untuk BetterWord. emailnya: better betterwordforlife@gmail.com. Mangga kalau ada yang mau kirim kritik tentang blog ini bisa ke sana. Ig-nya @betterword_kirei. Belum ada isinya tapi. Semoga segera buat logo, trus launching resmi *sok gaya bgt hehe. Oh ya, gatau kenapa ga bisa naruh link blog ini di bio ig. Nyebelin.


No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya