Follow Me

Thursday, December 20, 2018

Tentang Canva dan Starred Medium Post

Bismillah.
#random

Cuma ingin berbagi di sini, hal baru yang kemarin kutemukan tentang satu aplikasi desain dan platform menulis yang saya gunakan.

Canva Punya Blog

Meski sudah install aplikasi canva di android lumayan lama, saya termasuk pengguna yang jarang update versi terbaru. Qadarullah kemarin-kemarin diupdate, namun tidak menyempatkan mengeksplor fasilitas barunya. Cuma merasakan lebih banyak layout, dan font. Lalu tanpa sengaja, mengklik ikon "learn". Ada dua judul saat itu, dan saya memilih tulisan tentang font yang sedang trend. Setelah baca, muncul tuh dibawahnya related articles. Dari situ, baru sadar, ternyata canva ada blognya.

yang mau baca lengkapnya bisa klik di sini.
Jadi, selain dipakai untuk desain, bisa juga baca artikel yang mungkin menambah wawasan tentang desain. Keren. (:

Tentang blog aplikasi, mengingatkanku akan medium. Di medium banyak blog milik aplikasi tertentu, misal gojek, apa lagi ya? Pokoknya banyak. Hehe. 

Starred Medium Post

Medium platform blog gratis, tapi ada versi berbayarnya juga. Misal untuk beli domain, juga untuk membaca tulisan-tulisan berbintang lebih dari tiga. Kalau yang gratisan dibatasi maksimal 3 tulisan per bulan. Tapi.. kayanya sistem ternyata bisa diakalin. Tanpa sengaja saya menemukan caranya. Sebenarnya ragu, apa boleh ditulis? Apa ini ngajarin yang tidak benar? Hehe.

Jadi tiap beberapa hari, saya dapat email dari medium daftar highlight post supaya saya membuka akun medium dan membacanya. Mayoritas tulisan highlight post biasanya tulisan berbintang. Beberapa judul yang menarik saya klik, dan otomatis dibuka menggunakan browser chrome di hp. Satu dua tiga, lama-lama saya mikir, perasaan sudah lebih dari tiga bulan Desember ini. Kenapa masih bisa baca? Ternyata karena chrome saya tidak login akun medium. Saya juga tidak menggunakan aplikasi medium di android. Biasanya buka medium menggunakan browser Firefox Lite.

Jadi, apa saya harus berhenti membaca? Hehe. Rasanya seperti salah. Karena jatah saya baca sudah habis, tapi karena 'jalan belakang' yang tanpa sengaja saya temukan, saya jadi bisa membaca lebih dari itu. 

***

Bahasan tentang canva dan starred medium post sudah selesai. Seharusnya sekarang saya menyelesaikan draft nukil buku yang menumpuk. Doakan ya semoga diringankan jemari dan otak saya untuk merangkai kata. J

See you. In syaa Allah. 

Allahua'lam.

No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya