Follow Me

Monday, January 28, 2019

Mengada-ada

Bismillah.
#SensiMe
-Muhasabah Diri-

Aku tahu ini mengada-ada. Tapi aku tidak bisa tidak reaktif, saat kukunjungi tulisan fiksi "membuta" di sini, kemudian memperbaiki typo dan kelebihan kata, kemudian teringat, bahwa belum lama kubaca ayat yang sama di tempat lain. 

***

Kau tahu? Aku membuat benang merah, seolah di sini dan di sana terhubung jembatan kasat mata. Meski aku tidak tahu, apa fungsi jembatan itu.

glass bridge (from unsplash)

Padahal jika aku mau lebih rasional. Sebenarnya bukan itu poinnya. Bukan itu Bell. Jadi berhentilah mengada-ada. 

Poinnya adalah, Allah ingin mengingatkanmu tentang ayat tersebut, bagaimana ayat tersebut kau refleksikan dalam hidupmu. Apa kabar mata? Apa kabar telinga? Apa kabar hati? Apa kau masih manusia? Atau kau lebih buruk dari binatang ternak? Yang abai memakan rumput, meski sesuatu yang begitu cepat baru saja melintas?

***

أَفَرَءَيْتَ مَنِ ٱتَّخَذَ إِلَـٰهَهُۥ هَوَىٰهُ وَأَضَلَّهُ ٱللَّهُ عَلَىٰ عِلْمٍۢ وَخَتَمَ عَلَىٰ سَمْعِهِۦ وَقَلْبِهِۦ وَجَعَلَ عَلَىٰ بَصَرِهِۦ غِشَـٰوَةًۭ فَمَن يَهْدِيهِ مِنۢ بَعْدِ ٱللَّهِ ۚ أَفَلَا تَذَكَّرُونَ
Maka pernahkah kamu melihat orang yang menjadikan hawa nafsunya sebagai tuhannya dan Allah membiarkannya berdasarkan ilmu-Nya dan Allah telah mengunci mati pendengaran dan hatinya dan meletakkan tutupan atas penglihatannya? Maka siapakah yang akan memberinya petunjuk sesudah Allah (membiarkannya sesat). Maka mengapa kamu tidak mengambil pelajaran?

QS Al Jasiyah ayat 23

Allahua'lam.

No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya