Follow Me

Friday, January 4, 2013

Satu Kesulitan Dua Kemudahan


Bismillah

Siapa bilang sesudah kesulitan ada kemudahan? Redaksinya nggak kaya gitu loh.. Inna ma'al usri yusro.. bukan Inna ba'dal usri yusro..
Kurang lebih itu yang diucapkan salah satu pemateri di LMD (Latihan Mujahid Dakwah) yang aku ikuti Oktober 2012 yang lalu.


***

Ayat yang jadi andalan hampir semua orang untuk mengusir kegundahan, kegelisahan dan kekhawatirannya. Al Insyirah ayat lima dan enam. Begitu menenangkan, karena di sana.. Allah-lah yang berjanji. Ya, Allah menjanjikan kemudahan di setiap kesulitan yang IA beri.
"Sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan. Sungguh, beserta kesulitan ada kemudahan"
Ada beberapa hal istimewa dari ayat ini. Diantaranya :

Karena Allah Yang Berjanji

Bisa jadi, kita hampir-hampir putus asa karena kesulitan yang bertubi-tubi menghampiri. Namun mengingat ayat ini... bagaimana hati tidak tenang? Bagaimana tidak percaya, pada janji Allah.. Rabb kita, Ilah kita.. yang tak pernah sedikitpun melanggar janjinya.

Bahkan Allah mengulanginya

Seharusnya, satu kali saja sudah cukup. Tapi Allah menyebut janji-Nya dua kali. Dua kali, sebagai penegasan pada kita yang seringkali meragu. Dua kali, sebagai penegasan kepada kita, bahwa sesulit apapun kondisi yang sedang kita hadapi, sungguh.. ada kemudahan yang hadir bersama kesulitan.

Al Usri.. Yusra

Coba perhatikan deh. Pada ayat ini, kata "kesulitan" yang ditulis dalam bentuk mufrod (kata tunggal). Al Usri, terbukti karena memenuhi salah satu identitas mufrod yaitu menggunakan Alif lam. Coba perhatikan lagi! Bagaimana dengan kata "kemudahan". Apakah mufrod, atau bukan? Bukan! Jadi?

Allah menjanjikan setidaknya, akan ada dua kemudahan yang membersamai sebuah kesulitan. Allahu Akbar! Betapa Allah menyayangi hamba-hamba-Nya... :'( Betapa Allah mengasihi kita, meski diri hanya hadir saat kesulitan mendera.

Dalam suatu riwayat dikemukakan bahwa ketika turun ayat ini (S.94:2-6) Rasululloh SAW. bersabda: "Bergembiralah kalian karena akan datang kemudahan bagi kalian. Kesusahan tidak akan mengalahkan dua kemudahan." (Diriwayatkan oleh Ibnu jarir yang bersumber dari al-Hasan.)


***

Al Insyirah, :)

"Bukankah Kami telah melapangkan untukmu dadamu? dan Kami telah menghilangkan daripadamu bebanmu, yang memberatkan punggungmu? Dan Kami tinggikan bagimu sebutan (nama)mu, Karena sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan, sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan. Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain, dan hanya kepada Tuhanmulah hendaknya kamu berharap."
Wallahua'lam

#bersihbersihdraft

No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya