Follow Me

Saturday, July 27, 2013

Komentar dan Nasihat : Yang Harus Disampaikan

 
-muhasabah diri, SensiMe-

Bismillah...

Sebuah komentar, di sebuah posting di sebuah grup, menggeletikku untuk menulis ini. Begini bunyi postingannya :
Merenungi hadis Nabi shallaLlahu 'alaihi wa sallam:

إِنَّكُمْ أَصْبَحْتُمْ فِي زَمَانٍ كَثِيْرٍ فُقَهَاؤُهُ، قَلِيْلٍ خُطَبَاؤُهُ، قَلِيْلٍ سُؤَّالُهُ، كَثِيْرٍ مُعْطُوهُ، الْعَمَلُ فِيْهِ خَيْرٌ مِنَ الْعِلْمِ. وَسَيَأْتِي زَمَانٌ قَلِيْلٌ فُقَهَاؤُهُ، كَثِيْرٌ خُطَبَاؤُهُ، كَثِيْرٌ سُؤَّالُهُ، قَلِيْلٌ مُعْطُوهُ،الْعِلْمُ فِيْهِ خَيْرٌمِنَ الْعَمَلِ

“Sesungguhnya kalian hidup di zaman yang fuqahanya (ulama) banyak dan penceramahnya sedikit, sedikit yang minta-minta dan banyak yang memberi, beramal pada waktu itu lebih baik dari berilmu. Dan akan datang suatu zaman yang ulamanya sedikit dan penceramahnya banyak, peminta-minta banyak dan yang memberi sedikit, berilmu pada waktu itu lebih baik dari beramal.” (HR. Ath-Thabrani).
__________________________________________________________

buat para aktivis dakwah yang sibuk beramal sehingga tidak sempat mencari ilmu, baca ini dulu deh...
Baca haditsnya aja udah sakit banget...

[copasan status Kang XXX]
adapun komentarnya :
A : kontennya bagus, penyampaiannya kurang hihi
***

Ini nggak akan dibawa banyak ke sensiMe, semoga lebih banyak ke muhasabah diri.

Tentang komentar itu. Jujur, agak nggak sreg. Mungkin niatnya memang bercanda, tapi menurutku ia salah tempat. Ya, si pembuat posting kondisinya hanya copast. Jadi kalopun ada redaksi yang tidak disukai si komentator, ada baiknya disampaikan langsung ke pemilik asli status tersebut.

Baru sejenak mikir kaya gitu. Penulis langsung dapet boomerang, hehe. Balik ke diri penulis. Lah ini, kamu lagi ngapain? hehe.

Bukan sekali dua kali, saya memilih media blog ini sebagai tempat saya mengkritik perkataan, ataupun sikap seseorang. Beberapa, saya kirimkan link tulisannya ke orang yang bersangkutan. Sedangkan beberapa lainnya, tidak tersampaikan ke orang yang dimaksud. Memang tidak berencana untuk disampaikan. Alibiku : nasihat tersebut lebih pantas untukku.

***

Perihal nasihat menasihati, kita memang harus jeli. Memilah, mana yang sebaiknya disampaikan ke orang yang bersangkutan, mana yang lebih baik disimpan dalam hati, atau ditulis untuk diri.

Sungguh, jika ada pembaca yang tersinggung, karena merasa ada nasihat yang seharusnya disampaikan. Saya minta maaf. Bukan maksud diri "menusuk dari belakang". Sungguh, maksud diri adalah : nasihat ini lebih pantas untuk saya.

***

Terakhir, harusnya mungkin saya nggak se-sensi itu. Harusnya saya cuma ketawa dan mengiyakan komentar tadi. Atau seperti si pembuat posting yang menimpali :
harusnya di edit dulu yak sebelum copas? haha
Ya Allah.. untuk yang satu ini, tolong bantu hamba mengontrol kadar sensitifitas yang seringkali berlebih. Laa haula wa laa quwwata illa billah.. 

Allahua'lam bishowab. 


No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya