Follow Me

Saturday, September 15, 2018

Alias

Bismillah.

I don't know why,.. but rather than using my own name, I love to use alias instead. Nama-nama alias, yang terbaru akardaunranting. Entah karena minder dengan kualitas tulisan, atau memang ini sisi introvert. Aku lebih nyaman sembunyi di balik nama alias. Aku tahu kemampuanku, aku tahu kelemahanku. Aku... selalu lebih nyaman begini.


***

Menulis ini selalu mengingatkanku sebuah momen di masa lalu. Saat aku pertama kali diberi tugas untuk menjadi sosok dibalik layar. Reaksi orang sekitar. Yang memilih untuk tidak confirm karena sosok yang dibalik layar ga jelas. Pertanyaannya. Saat itu aku sensi dan sebel sendiri. Sekarang mengingatnya, hal itu justru jadi tempatku latihan. Karena setelahnya, jika aku menemui situasi yang mirip.. Aku jadi tidak mengedepankan emosi, berusaha biasa saja. Karena sudah pernah.

Membuat nama alias itu bagiku mirip membuat nama untuk karakter fiksi. Atau membuat domain untuk blog baru. Menyenangkan. Maknanya tidak perlu dalam, kadang.. cuma pilihan hati saja. Seperti Sweet Violetta, yang kini banyak yang tidak kenal. Tapi nama itu tercatat, sebagai salah satu sumber traffic ke blog ini. Lalu Better Word, lalu Akar Daun Ranting, Magic of Rain, dan mungkin akan ada yang lain.

Kalau kita menggunakan alias, orang akan fokus pada tulisan kita, ketimbang pada sosok kita. Selain itu, menggunakan nama asli akan membuat tulisan sebagai cermin diri. Padahal.. tidak mudah untuk menjadi sebaik yang kita tulis. Karena justru menulis, adalah cara untuk mengingatkan diri. Nasihat untuk diri. Karena aku pun, masih jatuh bangun dalam mengamalkan yang aku tulis. Baik itu tentang nasihat sabar dan syukur, maupun hal-hal lain.

***

Menulis ini aku jadi teringat.. aku baru tahu nama lengkap Ibnu Qayyim Al Jauziyah belum lama, dari catatan kaki buku Sirah 'Aisyah. Lalu mendengar juga nama asli Abu Ayyub Al Anshari, saat kajian Bulughul Maram membahas hadits tentang mendiamkan saudara tidak boleh lebih dari tiga hari.

Terlepas dari penggunaan nama alias atau tidak, satu hal yang pasti. Allah Maha Mengetahui, yang tampak maupun yang tersembunyi, bahkan yang lebih tersembunyi daripada rahasia. Allah tahu persis, siapa yang menulis. Allah juga tahu persis, apa niat dibalik sebuah tulisan. Dan Allah akan membalasnya, sesuai dengan niat dan tulisan tersebut.

***

Terakhir, semoga Allah memudahkan kita untuk menulis, menulis yang menjadi amal baik, yang pahalanya mengalir. Semoga Allah bantu kita menjaga kelurusan niat kita, baik dalam menulis, maupun amal ibadah lainnya, terutama shalat. Aamiin.

Allahua'lam. 

No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya