Follow Me

Thursday, September 27, 2018

Energi untuk Kerja Besar

Bismillah.
-Muhasabah Diri-

Semoga Allah menyibukkan kita dengan kegiatan yang produktif dan menjauhkan kita dari kegiatan yang sia-sia.


***

Sore ini, aku membuka buku tulis berisi catatan kutipan, banyak kalimat baik yang seolah baru aku baca. Rasanya ingin menyalin semuanya di sini.

Salah satu kutipan yang menarik mata dan hatiku adalah tentang energi dan masalah dari buku Serial Cinta, Anis Matta. Meski di sana dibahas dalam frame rumah tangga, tapi sebenarnya bisa berlaku untuk hal umum dan general.
"Jadi, kaidahnya sederhana: kalau energi kita tidak digunakan untuk kerja-kerja besar, maka perhatian kita segera tercurah pada masalah-masalah kecil. Karena mereka yang punya agenda besar dalam hidup, maka mereka tidak membiarkan energi mereka terkuras oleh pertengkaran-pertengkaran kecil, kecuali untuk semacam "pelepasan emosi" yang wajar untuk kesehatan mental." - Anis Matta
***

Pesanku, untukku... jangan habiskan energi untuk masalah-masalah kecil ya. Ingat lagi tujuan dan visi yang lebih besar.  Jangan sampai salah fokus, salah prioritas, lalu menyesal di akhir. Belajar lagi, untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama.

Batu-batu kecil itu akan selalu hadir dalam kehidupan. Masalah-masalah kecil. Noise yang membuat kita lupa suara mana yang seharusnya fokus kita dengarkan.

Buka mata lebih lebar, see the big picture. Pilih batu pijakan yang searah dengan visi dan lakukan kerja-kerja besar.

Distraksinya akan selalu ada. Begitulah dunia, penuh ujian di sana sini. Pintar-pintarlah memilah dan memilih, berjalan, berjinjit hati-hati, agar energi dan waktu kita tidak habis di hal-hal kecil itu. 

Wallahu'alam.

No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya