Follow Me

Thursday, September 27, 2018

Lebah

Bismillah.

#bersihbersihdraft

Bee, lebah, hewan kecil dengan corak unik. Pekerjaannya mengumpulkan madu, madu yang nantinya banyak membawa manfaat untuk lebah-lebah lain, juga untuk manusia, juga untuk bunga-bunga atau pohon-pohon yang madunya diambil.


Lebah istimewa, karena Allah menyebutkannya dalam kalam-Nya. Ketika Allah menyebutkan salah satu makhluknya dalam Al Quran, artinya, ada banyak pelajaran yang diambil, seharusnya kita lebih teliti dan memikirkan lebih dalam lagi, mengapa lebah disebutkan dalam Al Quran.

***

Uniknya lagi, ada hadits juga yang menggambarkan bahwa mukmin itu seperti lebah. Pertanyaannya, pelajaran apa dari lebah yang bisa kita contoh?

Kebermanfaatan Yang Ada Darinya

Ada film kartun, lupa judulnya yang memberitahu atau menggambarkan bagaimana jika lebah tidak ada. Madu yang diproduksi oleh lebah, bantuan lebah dalam menyebarkan serbuk sari tanaman. Manfaat madu yang baik untuk manusia, bergizi, manis, obat bagi berbagai penyakit. Salah satunya penyakit lambung.

Sifatnya Yang Tidak Serakah

Serangga yang menghisap kebaikan dari bunga tanaman dan pohon itu.. tidak hanya lebah. Tapi, lebah berbeda dan unik. Kenapa? Karen lebah memiliki sifat tidak serakah. Ia hanya mengambil seperlunya, tidak berlebihan. Ia tidak mengambil dan merusak tanaman. Bahkan setelah mengambil madu, lebah membuat gerakan khusus, the bee dance kalau orang barat menyebutnya, untuk memberitahu teman-temannya letak bunga tersebut. Sehingga teman-temannya juga bisa mengambil manfaat dari bunga tersebut.

Patuh Pada Peran dan Pekerja Keras

Dalam kerajaan lebah, ada beberapa peran. Lebah pekerja yang keluar mencari makanan. Lebah ratu, yang akan melahirkan generasi baru *hehe bahasanya loh hehe. Juga lebah penjaga sarang, yang membangun tempat penyimpanan madu dan memastikan lebah ratu terpenuhi kebutuhan makannya.

***

Mungkin ada banyak pelajaran lain. Dan tulisan ini pasti banyak kesalahan karena kurang studi literatur. Tapi meski begitu, semoga intinya tetap sampai.

Agar kita membuka mata lebih lebar atas ciptaanNya, bahwa ada pelajaran yang bisa kita ambil dari hidup lebah. Juga.. agar kita berzikir dan memuji AsmaNya, betapa indah ciptaanNya, dan begitu banyak nikmat yang belum kita syukuri.

Allahua'lam.

No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya