Follow Me

Wednesday, October 17, 2018

Circle (2)

Bismillah.

Seperti yang kutulis Circle, aku takut memulai lagi. Itu perasaan pertama yang hadir saat tahu, bahwa aku mungkin kembali ke 'tempat' itu lagi.


Perasaan selanjutnya, saat sudah melangkah, adalah perasaan heran dan tidak percaya. Disertai mengingat memori lama, saat aku pernah memutuskan untuk menjauh dan mungkin tidak akan pernah kembali. 

Kemudian yang ketiga, aku merasa bersyukur. Ada banyak nikmat lama yang kukecap kembali. Aku baru sadar betapa selama ini aku begitu jauh, dan betapa hal 'kecil' ini, hal 'biasa' ini, justru memberi dampak banyak. Seperti saat aku teringat pentingnya niat mati syahid karenanya.

Tidak setiap langkah mulus memang. Pertanyaan tentang masa lalu, perbedaan, latar belakang, yang kutakutkan di tulisan pertama, memang menjelma jadi realita. Sesekali aku terbata mengeja jawaban. Terkadang tergelincir dalam 'selokan'. Meninggalkan lecet, kotor, dan juga aroma tak sedap.

Juga perbedaan, yang makin hari makin terlihat. Aku jadi bertanya-tanya, akankah perbedaan ini suatu saat akan membuatku pergi? Lagi? Seperti dulu?

***

I still can't believe I'd be here again. After that decision in the past.

Rasanya familiar sekaligus asing. Seperti berjalan bersama, tapi menyendiri. Ada banyak pertanyaan dan prasangka yang berseliweran. Semoga bisa kufilter, agar jawabannya baik, prasangkanya pun positif. Niat memulai lagi, juga harus dijaga. Bukan karena apapun, kecuali karena ingin mendekat dan meraih ridho-Nya.

Allahua'lam. 

No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya