Follow Me

Saturday, October 27, 2018

Tentang Baca Buku

Bismillah.

Kemarin-kemarin saya baca tulisan Johnny Uzan di medium judulnya, "Semua yang Saya Ketahui Tentang Membaca, Salah". Bisa dibaca di sini.


***

Dari situ aku bisa ambil beberapa hal. Pertama kita berhak untuk tidak menyelesaikan buku. Kedua, membaca lebih dari satu buku dalam satu waktu itu bisa. Sama seperti kita belajar beberapa mata pelajaran/mata kuliah dalam satu semester. Ketiga, buku yang baik dan pas untuk kita juga butuh waktu yang pas.

The right book for the right person is not enough. It needs to be the right book, for the right person at the right time. Sometimes you need to go on a little detour before you’re ready for what the book has to give you. The nice thing about books — they always wait where you leave them. - Johnny Uzan

Di bagian ini aku banyak teringat buku yang tertunda di baca, lalu suatu waktu dibaca lagi dan impact-nya lebih ngena. Juga mikir, ada pengecualian buku yang bisa pas dibaca setiap waktu. Apa itu? Al Qur'an. (: Justru menundanya akan membuat hidup kita 'kehilangan arah'. Memang spesial sih, didesain oleh Allah agar bisa dibaca setiap waktu dan zaman, ga pernah kerasa jadul isinya, pesan di dalamnya.

Dari tulisan itu, aku mulai berusaha membaca lebih baik lagi. Yang tadinya cuma menggugurkan kewajiban laporan, minimal tiga halaman, sekarang berusaha ambil judul buku lain dan baca. Tapi.. untuk melakukan itu, harus meluangkan waktu untuk membaca. Maka, aku jadi cek jadwal rutinitas. Bagian mana, yang lebih sering kugunakan untuk hal-hal ga produktif. Kebiasaan buruk apa yang menghabiskan banyak waktu, yang seharusnya bisa diisi dengan membaca. Pelaksanaannya, prakteknya ga mudah, tapi bisa in syaa Allah. Minimal niat sudah ada. Tinggal diusahakan, berdoa, dan dibiasakan.

Udah sih itu aja, tulisan random pagi ini. Selamat hari sabtu (: Sejak ikut gerakan #sabtulis, hari sabtu jadi terasa lebih istimewa. Hehe. Yang penasaran mau baca tulisanku untuk sabtulis, bisa tengok blog new leaf-ku. Alamatnya akardaunranting.blogspot.com.

Selamat beraktifitas (:

Allahua'lam.

No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya